Iklim organisasi, imbalan, kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen organisasional (survey pada agen asuransi jiwa di Jabodetabek)
Metadata Koleksi
Penulis:
Yudi Sutrasna
ISBN:
Tidak diketahui
Klasifikasi:
658.402 Sut i
Lokasi:
Perpustakaan Pusat
Keterangan Koleksi
Agen asuransi merupakan ujung 'tombak penghasil premi bagi perusahaan asuransi,
sehingga eksistensinya harus dibina dan dipertahankan agar memiliki komitmen
organisasional yang tinggi terhadap perusahaan/organisasi. Upaya pembinaan dan
mempertahankan para agen tersebut dapat dilakukan me1alui berbagai variabel yang
berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu variabe1 iklim
organisasi, imbalan, kecerdasan emosional dan kepuasan kerja.
Pene1itian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori, dengan sampe1 10
perusahaan asuransi jiwa yang mempunyai pangs a pasar terbesar di Jabodetabek.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis range interval danjalur.
Hasil pene1itian dengan analisis range interval menunjukkan Iklim organisasi
perusahaan asuransi kondusif: imbalan, kecerdasan emosional, kepuasan kerja serta
komitmen organisasional agen asuransi tinggi. Selanjutnya hasil analisis jalur
menunjukkan: 1) Iklim organisasi dan imbalan berpengaruh terhadap kecerdasan
emosional agen asuransi jiwa baik secara parsial maupun simultan, 2) Iklim
organisasi dan imbalan berpengaruh terhadap kepuasan kerja agen asuransi jiwa baik
secara parsial maupun simultan, 3) Iklim organisasi dan imbalan berpengaruh
terhadap komitmen organisasional agen asuransi jiwa baik secara parsial maupun
simultan, 4) Iklim organisasi dan imbalan berpengaruh terhadap komitmen
organisasional me1alui kecerdasan emosional agen asuransi jiwa, 5) Iklim organisasi
dan imbalan berpengaruh terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja
agen asuransi jiwa, 6) Kecerdasan emosional dan kepuasan kerja berpengaruh
terhadap komitmen organisasional agen asuransi jiwa baik secara parsial maupun
simultan