Pengaruh Personal Branding Ridwan Kamil Terhadap Sikap Siswa SMA Kota Bandung Pada gerakan Pungut Sampah : Survei Eksplanatori pengaruh Personal Branding Ridwan Kamil terhadap Sikap Siswa SMA Pegiat Gerakan Pungut Sampah Kota Bandung Pada Gerakan Pungut Sampah
Metadata Koleksi
Penulis:
R. Yogie Prawira
ISBN:
Klasifikasi:
302.2 Yog p
Lokasi:
Perpustakaan Pusat
Keterangan Koleksi
R. Yogie Prawira W., 210120130027. Program Magister Ilmu
Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini
berjudul "Pengaruh Personal Branding Ridwan Kamil Terhadap Sikap Siswa
SMA Kota Bandung Pada Gerakan Pungut Sampah" dengan pembimbing Dr.
Asep Suryana, Drs.,M.Si, sebagai ketua tim pembimbing dan Hadi Suprapto
Arifin, Drs.,M.Si, sebagai anggota tim pembimbing.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui besamya pengaruh personal
branding Ridwan Kamil yang terdiri dari roles, standards dan style terhadap sikap
siswa SMA Kota Bandung pada gerakan pungut sampah. Dengan menggunakan
metode penelitian survei eksplanatori, yang bertujuan untuk menjelaskan
hubungan sebab akibat diantara variabel-variabel penelitian dengan pengujian
statistik inferensial analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA
Kota Bandung yang melakukan dan melaporkan gerakan pun gut sampah melalui
akun twitter @GPSbdg dan @BDGcleanaction setelah dilakukannya sosialisasi
oleh Ridwan Kamil. Sampel diambil dengan menggunakan teknik penarikan
sampel cluster random sampling denganjumlah sampel sebanyak 102 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh personal branding Ridwan
Kamil yang terdiri dari roles, standards dan style terhadap sikap siswa SMA Kota
Bandung pada gerakan pungut sampah adalah sebesar 64,2%. Sedangkan sisanya
sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabellain yang tidak diteliti dalam penelitian
lnl.
Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat pengaruh personal branding
Ridwan Kamil terhadap sikap siswa SMA Kota Bandung pada gerakan pungut
sampah. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu agar Ridwan Kamil menjaga
dari mengevaluasi personal branding yang dimilikinya. Hal tersebut dilakukan
untuk mengetahui apakah personal branding yang melekat pada dirinya sudah
efektif dalam menunjang keberhasilan program yang dijalankannya ..