Pengajuan Administrasi dan Bebas Pustaka dapat dilakukan dengan mengklik tautan berikut : Pengajuan Administrasi

Pilih Bahasa:  

ID | EN | SU
Berita

Pelatihan Research Data Management #3: Pengelolaan Data di Repositori, Data Mining, dan Visualisasi Data

Penulis: Magang Kandaga

Diterbitkan: Senin, 26 Februari 2024 08.26 WIB

Kategori: kegiatan

Tag: pelatihan, rdm, data management, data mining, visualisasi data,

Pelatihan Research Data Management #3: Pengelolaan Data di Repositori, Data Mining, dan Visualisasi Data

Img 1755 6 11zon

Jatinangor, 26 Oktober 2022 - Hari terakhir "Pelatihan Research Data Management: Pengelolaan Data di Repositori, Data Mining, dan Visualisasi Data" menghadirkan Abdurrakhman Prasetyadi, M.P. selaku peneliti di Pusat Riset Informatika BRIN sebagai narasumber untuk praktik visual analytics menggunakan Tableau.

Pembelajaran yang diberikan dalam sesi kali ini adalah Tren data analytics, data science, dan tableau serta melakukan demo tableau dengan dataset yang digunakan, tampilan awal halaman tableau, mengenal berbagai macam file dan server dikoneksikan, memilih excel yang akan dikoneksikan, dan workbook file excel.

"Manajemen Data Riset menjadi sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa dan dosen, mulai dari kita mengajukan proposal hingga melakukan kurasi data itu akan lebih mudah jika dilakukan dengan manajemen data riset." Ujar Abdurrakhman.

Salah satu peserta pelatihan, Sri Andriyani mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, karena banyak ilmu baru yang dipelajari tentunya dari berbagai aplikasi dan peserta pun berharap semoga bisa dilakukan pelatihan-pelatihan selanjutnya terutama meningkatkan skill yang dimiliki oleh pustakawan.

Img 1680 1 11zon Img 9053 2 11zon
Img 9060 3 11zon Img 9066 4 11zon

Diperbaharui pada: Rabu, 18 September 2024 06.48 WIB