Text
PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN BLACKBERRY . SEBAGAI DAMPAK DARI KINERJA ATRIBUT PRODUK DAN KELOMPOK REFERENSI Studi Pada Pengguna Blackberry pada Butik Dukomsel di Kota Bandung PURCHASE DECISION PROCESS AS~PACTOFBLACKBERRYPRODUCTATRmUTEPERFORMANCE AND REFERENCE GROUP Study On Blackbeny User at Boutique Dukomsel in Bandung
Pemakaian produk smartphone saat ini semakin memasyarakat di Indonesia. Salah
satu produk smart phone yang menarik untuk dijadikan penelitian adalah
Blackberry. Blackberry merajai penjualan smart phone di Indonesia sejak tahun
2009 hingga tahun 2012. Namun pada tahun 2013 penjualan Blackberry menurun
drastis menjadi 13% pangsa pasar di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh
kemunculan smart phone android pada tahun 2012. Smartphone android lebih
diminati oleh para konsumen karena fitur produknya yang lengkap dengan
banyaknya aplikasi chatting dan media sosial seperti Whatsapp, Line, Path,
Instagram, dll, Ketika teman atau keluarganya menggunakan media chatting
seperti Line, atau memiliki media sosial seperti Path dan Instagram, maka
konsumen pun tertarik untuk membeli smart phone yang sama dengan teman atau
keluarganya tersebut agar komunikasi berjalan dengan lebih lancar. Saat ini
Blackberry telah mengembangkan produknya dengan meluncurkan smartphone
yang berbasis android. Namun menurut data IDC penjualan Blackberry terus
menurun hingga angka 3% dari penjualan smart phone di Indonesia pada tahun
2014. Maka timbul pertanyaan bagaimana pengaruh kinerja atribut produk dan
kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pengguna Blackberry. Populasi
pada penelitian ini berjumlah 100 pengguna Blackberry di Butik Dukomsel
Bandung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis jalur.
Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat
valid dan variabelnya bersifat reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kinerja atribut produk Blackberry dan kelompok referensi konsumen berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian Blackberry.
No copy data
No other version available