Text
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN PROMOSIONAL DAN NON-PROMOSIONAL TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KULIAH CALON MAHASISW A AKPER AL-IKHLAS CISARUA BOGOR THE EFFECT OF PROMOTIONAL AND NON-PROMOTIONAL MARKETING COMMUNICATION TOWARD STUDY DECISION MAKING OF STUDENT CANDIDATES OFAKPERA~IKHLASCISARUABOGOR
Peluang bisnis penyelenggaraan program pendidikan keperawatan jenjang
Diploma-Ill cukup besar. Kebutuhan perawat di Jawa Barat dibanding jumlah
penduduk mencapai 54.500an dan 7.200an di wilayah Bogor, Akademi
Keperawatan AI-Ikhlas Cisarua Kabupaten Bogor membuka Program Studi
Keperawatan Diploma-Ill pada tahun 2002/2003, namun sampai saat ini student
bodynya masih rendah. Sebagai antisipasi terhadap persaingan yang ketat dalam
meraih ca Ion mahasiswa baru, berbagai macam kegiatan komunikasi pemasaran
sudah dilakukan. Diduga komunikasi pemasaran ini berpengaruh terhadap
keputusan kuliah calon mahasiswa. Penelitian ini untuk mengetahui kinerja
komunikasi pemasaran promosional dan non-promosional yang telah dilakukan
Akper AI-Ikhlas dan pengaruhnya terhadap keputusan memilih kuliah calon
mahasiswa.
Penelitian dilakukan terhadap 52 siswa klas-III SMKKesehatan di wilayah
Kabupaten Bogor, dengan menggunakan metode sensus. Jawaban atas 20 item
pertanyaan/sub-variabel komunikasi pemasaran dan tiga item keputusan kuliah
dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kinerja sub-variabel
promosional dan non-promosional dinilai cukup. Komunikasi pemasaran yang
telah dilakukan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah calon
mahasiswa. Sesar pengaruh komunikasi pemasaran promosional sebesar 34,6%
dan pengaruh komunikasi pemasaran non-promosional sebesar 51,86% (total
pengaruh komunikasi pemasaran sebesar 86,46%).
No copy data
No other version available