Text
PERANCANGAN KANVAS MODEL BISNIS BAJU UKURAN BESAR PADA BEAU & BIG BUTIK DI KOTA BANDUNG
Kondisi persaingan penjualan produk fashion di Kota Bandung semaking
tinggi. Beau and Big merupakan salah satu bisnis yang berada di Kota Bandung.
Dengan tingginya persaingan yang semakin meingkat memacu Beau and Big untuk
melakukan evaluasi model strategi untuk dapat bersaing, efisiensi pengeluaran biaya,
meningkatkan volume penjualan dan menjangkau konsumen baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis yang sudah
ditetapkkan oleh Beau and Big dan menentukan aspek - aspek apa saja yang perlu
dibenahi oleh owner. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dari identifikasi BMC dapat memberikan
beberapa pilihan strategi yang tepat untuk bisnis dalam masing - masing elemen yang
terdapat dalam Business Model Canvas. Berdasarkan hasil wawancara, BMC yang
sudah ditetapkan owner dalam menjalankan bisnisnya terbilang cukup baik, akan
tetapi masih diperlukan pembenahan dalam beberapa aspek. Customer Segments,
terfokus pada mahasiswa dan karyawan bertubuh besar dengan umur 25 - 30 tahun.
Dalam aspek Customer Relationship, service on point lebih diutamakan. Aspek
Channels, Beau and Big lebih aktif dalam kegiatan bazar. Value Propositions tidak
perlu memberi jaminan dalam penjualan produk. Ad Revenue dijadikan alat untuk
promosi karena biaya akan lebih efisien dan salah satu sumber pemasukan dalam
Revenue Streams. Key Activities tidak diperlukan perubahan, sudah cukup tepat. SDM
yang kompeten merupakan kunci utama Key Resources. Dalam aspek Key
Partnership, Beau and Big perlu mencari mitra eksternal yang memiliki peran
penting dalam duniafashion dan kesehatan. Ad Revenue akan mengefisiensikan biaya
marketing and sales dalam aspek Cost Structure.
Hasil evaluasi BMC dengan narasumber, dapat dijadikan suatu strategi baru
dan sebagai penyempurnaan untuk Beau and Big dalam menyusun kembali Sembilan
elemen Business Model Canvas.
No copy data
No other version available