Text
MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI DIGITAL SEBAGAI PENENTU KAP ABILITAS INOV ASI (SURVEI KARYAWAN LEVEL CORPORATE PADA PT. TELKOM INDONESIA, Tbk) {Knowledge Management and Digital Competence as Determinants of innovation Capability (Survey of Corporate Level Employee at PT Telkom Indonesia, Tbk)
PT. Telkom Indonesia Tbk, ~ELKOM adalah Suatu Badan Milik Negara
(BUMN) yangbergerak dalam bidang jasa Telekomunikasi. Perusahaan menyediakan
sarana danjasa layanan Telekomunikasi dan infonnasi kepada masyarakat luas sampai
kepelosok daerah di seluruh Indonesia, Dan menjadi perusahan Telekomunikasi nomor
satu tidaklah mudah, diperlukannya inovasi baru dalam mengikuti perkembangan bisnis
saat ini. Telkom menyadari hanya melalui inovasi perusahaan dapat berkembang, suatu
organisasi tidak memiliki kapabilitas dalam melakukan inovasi, maka perusahaan
tersebut beresiko untuk tertinggal dari perusahaan lain. Inovasi suatu perusahaan sendiri
muncul akibat adanya dorongan yang berasal dari kapabilitas atau orientasi inovasi di
dalam anggota organisasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh manajemen pengetahaun dan kompetensi digital sebagai penentu kapabilitas
inovasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan
verifikatif. Survei yang dilakukan terhadap 282 karyawan Level Corporate di PT.
TeIkom Indonesia Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
positif antara manajemen pengetahaun dan kompetensi digital terhadap kapabilitas
inovasi. Dan adanya pengaruh manajemen pengetahuan terhadap kompetensi digital.
Berdasarkan hasil tersebut, manajemen pengetahuan memiliki pengaruh kuat terhadap
kapabilitas inovasi sebesar 49,2% dibandingkan kompetensi digital terhadap kapabilitas
inovasi sebesar 40,2%. Sedangkan pengaruh menejemen pengetahuan terhadap
kompetensi digital sebesar 31,1 %.
No copy data
No other version available