Text
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL DAN CITRA DESTINASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE PANORAMA & LOBANG JEPANG
Teknologi dan informasi saat ini berkembang semakin pesat, dimana masyarakat
semakin mudah mendapatkan dan mengakses beragam macam infonnasi. Hal ini
tentu menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Sa1ah satu industri yang
perkembangan nya sangat pesat dan persaingannya sangat ketat yaitu industri
pariwisata terutama di Kota Bukittinggi. Objek Wisata Panorama & Lobang Jepang
merupakan salah satu destinasi Objek Wisata unggu1an di Kota Bukittinggi.
Terlebih lagi di zaman sekarang perkembangan teknologi orang dengan mudah
menemukan Objek Wisata di suatu daerah. Ha1 ini tentu berhubungan dengan
bagaimana komunikasi antar orang di media sosia1, dimana ha1 tersebut dinamakan
electronic Word of Mouth (eWOM). Dimana eWOM menjadi wadah berbagi
informasi terutama di media sosia1, baik itu komentar positif atau negatif mengenai
berbagai macam hal terkhusus Objek Wisata. Baik atau buruknya komentar tersebut
tentu dapat mempengaruhi citra suatu destinasi tersebut, terutama Objek Wisata
Panorama & Lobang J epang. Hal tersebut tentu juga akan berdampak pada proses
konsumen untuk berkunjung ke Objek Wisata Panorama tersebut. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran eWOM dan bagaimana
citra destinasi pada Objek Wisata Panorama & Lobang Jepang di mata para
pengunjung dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses keputusan berkunjung.
Ditinjau dari tujuannya, penelitian ini tennasuk keda1am penelitian deskriptif
verifikatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian
dilakukan menggunakan teknik survei dengan menyebar kuesioner kepada 100
pengunjung Objek Wisata Panorama & Lobang Jepang di Kota Bukittinggi dengan
metode purposive sampling, kemudian dialkukan uji validitas, realibilitas, dan
asumsi klasik terhadap data yang diperoleh. Hasi1 penelitian menunjukkan eWOM
dan citra destinasi berpengaruh terhadap proses keputusan berkunjung. Hal ini
terbukti dari hasil uji Ftabel (20,631) lebih besar dari f tabel (3,09) / selain itu
berdasarkan hasil perhitungan analisis jalur (Path Analysis) dan output koefisien
deterrninasi (R2) menunjukkan eWOM dan citra destinasiberpengaruh positif dan
signifikan terhadap proses keputusan berkunjung sebesar 29,8%.
No copy data
No other version available