Text
THEMATIC PROGRESSION IN THE ENGLISH READING TEXTS AT TWELFTH GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL: A SYSTEMIC FUNCTIONAL GRAMMAR STUDY
Tests ini berjudul "Thematic Progression in the English Reading Texts at
Twelfth Grade of Senior High School: a Systemic Functional Grammar Study".
Tujuan dart penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis perkembangan
tematik, untuk menggambarkan fungsi setiap jenis perkembangan tematik dan
untuk menggambarkan elemen tema yang digunakan dalam teks bacaan bahasa
lnggris di kelas dua belas SMA yang diambil dari tiga buku yang diterbitkan oleh
tiga penerbit: Erlangga, Yrama Widya, dan Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. Data yang diperoleh adalah dari teks bacaan bahasa lnggris di kelas
dua be/as SMA yang diambil dart tiga buku yang diterbitkan o/eh tiga penerbit:
Erlangga, Yrama Widya, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Teori
Sistemik Tata Bahasa Fungsional yang diusu/kan oleh Halliday dan Matthiessen
(2014) digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kualitatif dengan deskriptifsebagai pendekatannya. Akhirnya, hasi/ menunjukkan
bahwa ada tujuh jenis perkembangan tematik yang ditemukan da/am data, yaitu
tema konstan, zigzag, kombinasi tema konstan-zigzag, kombinasi rema konstan
zigzag, kombinasi rema konstan-split, kombinasi zigzag- split, dan kombinasi lema
konstan-rema konstan-zigzag. Selanjutnya, fungsi tema konstan ada/ah
memfokuskan pembahasan pada lema teks yang sama secara kuat. Semenlara itu,
penggunaan zigzag berfungsi untuk meneruskan informasi dari klausa sebelumnya
ke klausa berikutnya untuk mendapatkan teks yang lebih kohesif. Kemudian, split
berfungsi dalam mengembangkan gagasan yang relevan berdasarkan lema makro
yang ada. Penggunaan kombinasi jenis perkembangan tematik memiliki fungsi
gabungan yang digabungkan dari tiga jenis perkembangan tematik sebelumnya.
Sejauh ini, pola zigzag adalah po la yang paling ban yak muncul da/am ketiga buku
yang digunakan sebagai data. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga menunjukkan
bahwa unsur-unsur tema yang digunakan dalam tiga buku terse but adalah (l) kala
benda umum, kata ganti pribadi, proper noun, frase preposisi, adverbial, klausa
tertanam, proses yang diklasifikasikan sebagai lema ideasional; (2) konjungsi
struktural dan konjungsi adjunct yang diklasifikasikan sebagai tema tekstual; dan
(3) modal adjunct dan elemen WH yang diklasifikasikan sebagai tema
interpersonal.
No copy data
No other version available