Text
KONSTRUKSI IDENTITAS PEMAIN ROLE PLAYING GAME (Studi Etnografi Virtual Pada Pemain Role Playing Game Online Berbasis Teks, IndoHogwarts)
KONSTRUKSI IDENTITAS PEMAIN ROLE PLAYING GAME
Studi Etnografi Virtual Pada Pemain Role Playing Game Online Berbasis Teks,
IndoHogwarts
Tesis dengan judul Konstruksi Identitas Pemain Role Playing Game berbasis teks
bertujuan untuk memperoleh pemahaman secara komprehensif mengenai
konstruksi identitas pemain RPG berbasis teks IndoHogwarts melalui pertanyaan
penelitian yang meliputi (1) presentasi diri karakter yang dimainkan (panggung
depan), dan (2) presentasi pemain sebagai puppet master (panggung belakang)
dalam komunitas online tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Teori Identitas dari Michael Hecht, Teori Dramaturgi dari Erving
Goffman, Teori Konstruksi Sosial Atas Realitas Berger dan Luckmann, dan
Computer Mediated Communication.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian
etnografi virtual. Subjek penelitian terdiri dari 7 orang inform an kunci yang
berperan sebagai pemain RPG berbasis teks IndoHogwarts yang tersebar di
berbagai wilayah di Indonesia. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara
mendalam secara online dan offline, observasi berperan serta secara online, serta
studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi identitas pemain melalui
presentasi diri karakter melibatkan proses pengelolaan . kesan utama dan
pendukung. Pengelolaan kesan ini juga dipengaruhi oleh motif pemain bermain
dan makna karakter bagi pemain. Pengelolaan kesan utama terdiri atas kualitas
tulisan informan, personalitas atau preferensi karakter, dan plot cerita.
Pengelolaan kesan pendukung terdiri atas pemilihan asrama dan visualisasi.
Pengelolaan kesan menghasilkan impresi atau imej karakter yang mana imej
karakter akan memengaruhi imej diri pemain. Konstruksi identitas pemain melalui
presentasi diri puppet master menghasilkan 4 tipe identitas, yaitu terbuka, semi
terbuka, tertutup (ninja), dan palsu (multi indentitas).
Simpulan penelitian ini adalah konstruksi identitas virtual pemain RPG berbasis
teks IndoHogwarts dibentuk oleh identitas karakter yang dimainkan sebagai
panggung depan dan identitas pemain atau puppet master sebagai panggung
belakang. Konstruksi identitas ini dilihat dari presentasi diri yang melibatkan
proses pengelolaan kesan.
No copy data
No other version available