Text
Kekoherensian Wacana Iklan Komersial dalam Website SoftBank
Penelitian ini mengungkap struktur iklan dan hubungan kekoherensian wacana iklan
komersial (WIK) berbahasa Jepang berlandaskan pada kajian analisis wacana. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi struktur iklan dan hubungan
kekoherensian WIK yang dianalisis berlandaskan pada teori struktur iklan Bolen
(1984) serta struktur retorika Mann dan Thompson (1988). Penulis menggunakan
metode deslcriptif analisis dalam penelitian ini. Data yang digunakan berupa ] 2 buah
WIK yang bersumber dari website media dan telekomunikasi Jepang, SoftBank. Dari
hasil analisis data, teridentifikasi bahwa ke 12 WIK tersebut memiliki struktur iklan
butir utama, badan iklan dan penutup iklan yang berisi pemyataan yang menarik
perhatian, membangkitkan rasa ingin tabu konsumen, proposisi dengan alasan
objektif atau subjektif, serta pengembangan teknik lunak dan butir pasif. Kemudian
terdapat tiga jenis hubungan koherensi yang sering muncul dalam WIK tersebut,
yakni urutan, uraian dan pembenaran. Tujuan kekoherensiannya adalah pemanfaatan
satelit dan! atau nuklir untuk membantu pemirsa memahami isi wacana sesuai dengan
maksud pengiklan. Dengan demikian, informasi mengenai struktur iklan,
kekoherensian beserta tujuannya dalam website SoftBank ini dapat memperkaya
penguasaan tata bahasa Jepang, terutama bagi pembelajar bahasa Jepang.
No copy data
No other version available