Text
Manajemen Pelayanan Pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Jambi
Tesis ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat permasalahan pada pelayanan
di Kota Jambi termasuk pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Jambi.
Terdapat indikasi-indikasi permasalah pelayanan yang idealnya dapat di maksimal
jika Kantor Pertanahan Kota Jambi memanajemen pelayanan dengan maksimal.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi manajemen
pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota J ambi.
Penelitian ini menggunakan teori dari Ratminto tentang faktor pendukung
dalam Manajemen Pelayanan organisasi dalam pelayanan publik. Adapun faktor
yang dilihat meliputi aspek Sistem Pelayanan Yang Berorientasi Kepentingan
Masyarakat, Kultur Pelayanan Organisasi dan Sumber Daya Manusia Pelayanan.
Sementara itu metode dan pendekatan penelitian yang dilakukan dengan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data
melalui metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Penerapan sistem
pelayanan yang dimiliki Kantor Pertanahan Kota Jambi dalam menunjang
kepentingan masyarakat saat ini dapat dikatakan belum efektif dilihat dari segi
prosedur masih ditemui keterlambatan berkas dan petugas ke lapangan serta
persyaratan berkas yang sering bertambah sesuai status tanah yang berimbas pada
ketepatan waktu penyelesaian pelayanan, serta cara pelayanan yang diberikan
seperti informasi-informasi mengenai pelayanan yang masih minim karena balum
maskimalnya penggunaan media serta saluran program yang dimiliki. Dalam
kultur pelayanan organisasi yang dimiliki Kantor Pertanahan Kota Jambi telah
mendukung proses pelayanan pertanahan dilihat dari profesionalitas, kerjasama,
keserasian, keselarasan dan keseimbangan, maupun keadilan dan keterbukaan
dalam menunjang pelayanan pemberian 'hak dan secara keseluruhan. Serta dalam
sumber daya manusia pelayanan dalam organisasi yang dimiliki Kantor
Pertanahan Kota Jambi saat ini belum memadai karena masih mengalami
kekurangan baik kualitas dan kuantitas serta terdapat masalah dalam perencanaan
dan pengadaan sumber daya manusia yang dialami, pengembangan kualitas yang
masih belum mendukung pelayanan serta penempatan pegawai terutama pegawai
tidak tetap (PTT) masih belum sesuai.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penulis mengemukakan
saran bahwa perlu perbaikan dan pengembangan bagi Kantor Pertanahan Kota
Jambi untuk dapat meningkatkan manajemen pelayanan secara keseluruahan bagi
pelaksanaan pelayanan pertanahan bagi masyarakat
No copy data
No other version available