Text
Peranan budaya akademik dan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa : studi kasus budaya akademik dan budaya kepemimpinan di SMAN 27 kota Bandung
Penelitian ini berjudul Peranan Budaya Akademik dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus Budaya
Akademik dan Budaya Kepemimpinan di SMAN 27 Kota Bandung. Secara khusus
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kajian tentang implementasi budaya
akademik. 2) deskripsi faktual tentang implementasi budaya kepemimpinan di
SMA Negeri 27 Kota Bandung. 3) deskripsi faktual tentang budaya akademik dan
kepernimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa di
SMA Negeri 27 Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif,
yang secara umum dimaksudkan untuk mengetahui kajian implementasi budaya
akademik dan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 27 Kota Bandung.
Sebagai nara sumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah SMA Negeri 27
Kota Bandung, wakil kepala sekolah, guru-guru, peserta didik dan staf tenaga
kepemdidikan, sedangkan secara khusus SMA Negeri 27 Kota Bandung belum
pernah diteliti dengan judul yang sama. Karena itu penulis melakukan penelitian
mi.
Data dikumpulkan melalui a) observasi, b) wawancara, c) angket, d) studi
dokumentasi, dan, e) triangulasi. Obsevasi dan wawancara dilakukan untuk
mendapatkan data primer yang dapat langsung dari sumber utama. Studi
dokumentasi dilakukan untuk mendapat data sekunder sebagai pelengkap dari
sumber primer, sedangkan triangulasi dilakukan untuk memperoleh data yang
kredibel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya akademik dan kepemimpinan
kepala sekolah di SMA Negeri 27 Kota Bandung pada dasarnya telah 1)
mengimpiementasikan budaya akademik primer dan budaya akademik sekunder,2)
begitu pun dengan budaya kepemimpinan kepala sekolah yang menjadi tokoh
anutan yang dicontoh oleh semua warga sekolah sehingga kegiatan belajar
mengajar menjadi kondusif. 3) Dampak budaya akademik dan kepemimpinan
kepala sekolah beroleh hasil yang kondusifitas kinerja warga sekolah, prestasi yang
diraih peserta didik menjadi meningkat, menanamkan kejujuran bagi semua warga
sekolah, penyediaan fasilitas sarana prasarana pendukungpun meningkat.
No copy data
No other version available