Text
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Efektif (Studi Kasus Sma Negeri 1 Sumedang Kabupaten Sumedang)
Disertasi - yang berjudul: "Kepernimpinan Kepala Sekolah Dalam
Mewujudkan Budaya Sekolah Efektif" dengan studi kasus SMA Negeri I
Sumedang kabupaten Sumedang disusun dcngan tujuan . memperoleh model.
kepemimpinan di dalam pengelolaan pendidikan di SMA Negeri 1 Sumedang.
Penelitian ini dilakukan dengan asumsi bahwa model kepemimpinan kepala
sekolah yang mewujudkan budaya sekolah efektifbelum ada sampai saat ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pada suatu
studi kasus karena per.elitian disertasi merupakan peneIitian kuaIitatif dengan
berdasar kepada: (1) merefleksikan fenomena budaya yang terjadi, (2) penekanan
pada proses dan makna yang dikaji secara ketat atau belum terukur, (3) sifat
penyelidikan yang sarat-nilai, (4) berorientasi pada fenomena atau gejala yang
bersifat alami, (5) memedulikan proses bukan hasil atau produk.
Kerangka kajian teori ini meliputi beberapa teori yang digunakan dalam
analisis data, seperti teori kepemimpinan, seperti teori si fat, teori prilaku, teori
situasional, teori kewibawaan, teori Neokarismatik, dan teori visioner, teori kepala
sekolah, teori budaya sekolah dan teori sckolah efektif. Adapun masalah yang
dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah
mengelola sekolah efektif dan mewujudkan budaya sekolah efektif pad a SMA
Negeri 1 Sumedang kabupaten Sumedang.
Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder.
Data primer adalah data yang diperoleh peneliti secara langsung (dari tangan
pertama), sementara data sekunder adalah data yang diperoleh penel iti dari
sumber yang sudah ada. Data primer diperoleh melalui wawancara peneliti
dengan beberapa nara sumber secara rnendalam dan observasi terhadap aktivitas
guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan penguatan karakter.
Data sekunder diperoleh melalu kajian dokumen Studi dokumen ini adalah
pengumpulan data melalui sumber-sumber tertulis yang ada di SMA Negeri I
Sumedang yang sebagian besar data yang tersedia adalah berbentuk dokumenter
seperti buku-buku, surat-surat, catatan harian, laporan, gambar, foto, video, dan
data yang tersimpan di website atau harddisk.
Berdasarkan hasil analisis data rnaka diperoleh gambaran bahwa
kepemimpinan kepala sekolah unggul ini memiliki enam dimensi kepemimpinan.
Enam dimensi kepemimpinan unggul ini adalah cakap dan berkarakter,
demokratis, efektif dan dinamis, berwibawa, karismatik dan visioner. Selain enam
dimensi kepemimpinan unggul, ditemukan adanya lokalitas kepemimpinan kepala
sekolah yaitu handap asor dan leuleus jeuejur liat tali landung kandungan laer
aisan.
No copy data
No other version available