Text
MODEL PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF PADA SAUNG ANGKLUNG UDJO, BANDUNG
Disertasi ini merupakan penelitian bidang pariwisata yang mengulas permasalahan
pengembangan pariwisata kreatif yang kemudian mencoba membuat model
pengembangannya. Penelitian dilakukan di Saung Angklung Udjo, Bandung. Saung
Angklung Udjo merupakan destinasi wisata yang telah lama berkembang dalam
mempopulerkan angklung baik di masyarakat Indonesia maupun dalam kancah
internasional. Saung Angklung Udjo memiliki cara yang unik dan kreatif dalam
menampilkan angklung sebagai atraksi wisatanya.
Metode penelitian yang digunakan dalam disertasi ini yaitu kualitatif, sedangkan
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur, dan studi
literatur. Informasi dan data yang terkumpul kemudian diverifikasi dan ditelaah dengan
teori dan konsep yang telah dibangun.
Temuan penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan pariwisata kreatif
diperlukan beberapa unsur utama yaitu apa yang penulis sebut sebagai unsur internal,
eksternal dan pendampingan oleh pemerintah. Dalam un sur internal mencakup atraksi yang
harus bersifat mengajak wisatawan berpartisipasi aktif, mengeksplorasi kreatifitas,
mengalami proses belajar, bersifat interaktif dan termasuk ke dalam art by methamorposis.
Dalam pengembangan pariwisata kreatif juga diperlukan adanya unsur creative person,
creative environment, creative product dan creative process.
Pada unsur eksternal perlu memperhatikan dengan baik faktor aksesibilitas,
amenitas dan fasilitas, pemasaran (segmenting, targeting, positioning), keterlibatan
masyarakat lokal dan jaringan kerjasama. Dalam pengembangan pariwisata kreatif juga
tidak boleh melupakan unsur pendampingan oleh pemerintah dimana sebuah destinasi
pariwisata kreatif perlu mendapat perhatian pemerintah, baik dari sisi kelembagaan,
kebijakan, jaringan kerjasama dan peluang lainnya seperti finansial, pemasaran dan
informasi. Dalam pengembangan pariwisata kreatif penulis mengajukan sebuah model
pengembangan yang diberi nama "Model Pengembangan Pariwisata Kreatif Berbasis
Industri Kreatif Angklung".
No copy data
No other version available