Text
TRANSFORMASI ORGANISASI PADA PT. KERETA API INDONESIA
Penelitian ini didasarkan pada pengalaman PT. KAI Persero melakukan
transformasi dalam rangka menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki
kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh konsep baru guna
pengembangan ilmu Administrasi Publik dan mendapatkan gambaran secara utuh
dan menyeluruh pelaksanaan transformasi organisasi di PT. Kereta Api Indonesia.
Kerangka acuan untuk menganalis pelaksanaan transformasi organisasi yang
digunakan peneliti adalah teori dari Francis J. Gouillart dan James N. Kelly
(1995) dengan menggunakan pendekatan Reframe, Restructure, Revitalize dan
Renewal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian diperoleh
dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis Data yang
digunakan adalah analisis Data Spiral dari Cresswel (2013).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Reframing dilakukan denga
merubah fokus perhatian dari product oriented menjadi customer oriented.
2)Restructure telah dijalankan secara bertahap, dengan menambahkan dan
memisahkan fungsi ke dalam unit yang berdiri sendiri agar lebih fokus dan terinci,
3)Revitalize dengan memberikan penguatan pada SDM melalui perbaikan sistem
reward dan sistem rekruitmen pegawai, mengoptimalkan penggunaan sarana dan
prasarana dengan cara memperbaiki sistim perawatan, mengoptimalkan pemanfaat
aset-aset milik perusahaan menjadi bisnis baru.
Temuan dalam penelitian ini restrukturisasi pada PT. KAI tidak
menyebabkan downsizing pada struktur. Konsep baru yang dihasil adalah
Harmonisasi.
No copy data
No other version available