Text
NILAI PELANGGAN DAN PENERAPAN ETIKA BISNIS MENCIPTAKAN KEPERCAYAAN MEREK PADA NASABAH DEPOSITO (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI)
Bank Syariah Mandiri (BSM) sebagai bank yang memiliki aset terbesar di
Indonesia menyediakan produk investasi jangka pendek dan jangka panjang yang
dapat digunakan masyarakat. Deposito termasuk kategori high risk dan high
return. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, BSM diharuskan selalu
memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan harapan pelanggan namun tetap
menjalankan kegiatan operasional sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga
dapat mendorong kepercayaan pelanggan terhadap produk BSM. Berdasarkan
fakta tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang "Pengaruh
Nilai Pelanggan dan Penerapan Etika Bisnis dalam nciptakan Kepercayaan Merek
pada produk Deposito dengan studi kasus di Bank Syariah Mandiri". Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan dan penerapan
etika bisnis dalam membentuk kepercayaan merek terhadap produk deposito Bank
Syariah Mandiri.
Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan
data sekunder. Data primer menggunakan kuesioner dengan teknik purposive
sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.
Analisis deskriptif dengan menggunakan tabulasi dan analisis verifikatif
menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SPSS 21.0
Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai pelanggan produk deposito
BSM dirasakan baik dengan dimensi psychic cost mendapat penilaian paling
tinggi. Nilai pelanggann berada di kuadran parity. Penerapan etika bisnis produk
• - •..• _ 0# _," " •••••.•.••• -. -. ....
deposito BSM mendapat penilaian baik dengan dimensi product and service
berkontribusi paling tinggi dibandingkan dimensi lainnya.
Hasil analisis verifikatif menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan etika
bisnis saling berhubungan. Nilai pelanggan dan penerapan etika bisnis sekaligus
memberikan pengaruh terhadap kepercayaan merek produk deposito BSM.
Namun, pengaruh nilai pelanggan lebih dominan dari pada etika bisnis dalam
membentuk kepercayaan merek terhadap produk deposito BSM.
No copy data
No other version available