Text
Pengaruh Inovasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Keinginan Dan Kepuasan Penggunaan E-Learning Bagi Karyawan Gen-Y TELKOM Serta Dampaknya Terhadap Manfaat Yang Diperoleh Karyawan
Transformasi bisnis menuju perusahaan telekomunikasi digital membuat
Telkom harus melakukan pemutakhiran pola pikir dan kompetensi karyawannya,
tennasuk karyawan Gen- Y yang menjadi tumpuan masa depan perusahaan. Upaya
sistematis dilakukan dengan memanfaatkan sarana' E-Learning dengan
pertimbangan sesuai dengan karakteristik Gen- Y yang dekat dengan digital.
Namun kondisi nyatanya berbeda dengan yang diharapkan. Persentase akses E
Learning Gen- Y (69,13%) merupakan yang paling kecil jika dibandingkan dengan
karyawan Baby Boomers (86,54%) dan Gen-X (84,75%). Demikian juga halnya
dengan jumlah rata-rata modul E-Learning yang dipelajari Gen- Y merupakan
yang terkecil untuk kurun waktu 2011 - 2016.
Melalui pengamatan terhadap parameter E-Learning Satisfaction (ELS) dan
intention to use terhadap E-Learning, dilakukan penelitian yang bertujuan (1)
mengetahui dan menganalisis tingkat kualitas dari kriteria kualitas (2) mengetahui
dan menganalisis pengaruh kriteria kualitas terhadap tingkat kepuasan pengguna
E-Leammg, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh kriteria kualitas terhadap
keinginan untuk menggunakan E-Learning, (4) mengetahui dan menganalisis
pengaruh keinginan menggunakan terhadap kepuasan menggunakan E-Learning
(5) mengetahui dan menganalisis pengaruh keinginan menggunakan dan kepuasan
pengguaa E-Learning terhadap manfaat individu, (6) mengetahui daa
menganalisis pengaruh kriteria kualitas terhadap manfaat individu melalui tingkat
kepuasan pengguna E-Learning (7) mengetahui dan menganaIisis pengaruh
kriteria kualitas terhadap manfaat individu melalui keinginan untuk menggunakan
E-Learning. Adapun kriteria kualitas yang digunakan sesuai dengan ELS
m~n~l!~lJP ~\l1l;Utl!~ '!Ilt'!tml!~'! P~Il1l?~\,!j,!r, ~l!'!Ut'!~ lcQD;ll!Ilitl!~ p~Il1l?~l~j'!f~nt
kualitas konten, kualitas pendukung pembelajar dan kualitas personalisasi. Sampel
penelitian sebanyak 338 karyawan Gen- Y PT Telkom dengan menggunakan
teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan
instrumen survei model tertutup yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk
rating scale dan dilakukan secara online. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dengan program SPss for windows dan analisis jalur
untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelima kriteria kualitas memiliki
aspek-aspek yang telah baik serta dapat diterima penggunanya namun terdapat
juga hal-hal yang perlu ditingkatkan, (2) terdapat tiga komponen kualitas yang
memiliki pengaruh kuat terhadap kepuasan pengguna, yaitu kualitas personalisasi,
kualitas konten, dan kualitas antarmuka pembelajar. Hal ini berhubungan dengan
pengalaman pengguna dan didukung oleh data korelasi antar komponen kualitas,
(3) kualitas personalisasi mendominasi pengaruh terhadap keinginan
menggunakan yang dapat ditentukan oleh faktor-faktor pendorong untuk
menggunakan, seperti motivasi, dorongan manajemen, fasilitas dan kenyamanan
penggunaan sarana teknologi informasi, (4) keinginan menggunakan memberikan
pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pengguna, (5) dalam hubungan saling
Vlll
mempengaruhi antar keduanya, keinginan menggunakan memberikan pengaruh
yang lebih P~§~f k~p~g~ k~PIJ!!§!!P- p~.nggyn!! g.i.l?~.ngipgt
No copy data
No other version available