Text
PERGESERAN MAKNA PROFESI PUBLIC RELATIONS PT POS INDONESIA
PERGESERAN MAKNA PROFESI PUBLIC RELATIONS
PT POS INDONESIA
Studi Kasus Pergeseran Makna Profesi Public Relations Pasca Restrukturisasi
di PT Pos Indonesia
Pada April 2017 lalu Bagian Public Relations PT Pos Indonesia dinonaktifkan
untuk sementara waktu. Seluruh aktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi Public
Relations terhenti. Kondisi mulai pulih ketika direksi mengumumkan struktur
organisasi baru dimana Bagian Public Relations bergabung dengan Communication
Media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pemahaman Purel
dalam memaknai profesinya sebagai Public Relations dalam perusahaan pasca
restrukturisasi. Pemahaman ini mencakup makna, tugas dan fungsi, serta
implementasi profesi Public Relations pasca restrukturisasi di PT Pos Indonesia.
Keunikan dari penelitian studi kasus ini terletak pada bertambahnya beban tugas dan
fungsi Purel sebagai Public Relations perusahaan tidak diimbangi dengan kenaikan
posisi jabatan. Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Sosial Atas Realitas
dan Teori Interaksi Simbolik untuk mengetahui makna yang dibangun dan simbol
yang digunakan Purel untuk memaknai profesinya. Data-data dalam penelitian
dengan pendekatan kualitatif ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam,
dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Purel memaknai profesi
Public Relations dengan simbol bahasa berupa kata Petugas Pemadam Kebakaran dan
Sangkuriang. Simbol-simbol tersebut digunakan karena Purel semakin sering
menghadapi situasi di luar rencana berupa kegiatan perusahaan yang memiliki ban yak
kebutuhan. Purel diposisikan sebagai pihak pertama yang disalahkan ketika krisis
terjadi dan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Pelaksanaan profesi Public
Relations di PT Pos Indonesia pasca restrukturisasi telah berjalan sesuai dengan
konsep yang ada. Pelaksanaan tugas dan fungsi profesi Public Relations ini
disesuaikan dengan sub bagian yang ada. Selanjutnya mengenai implemetasi profesi
Public Relations di PT Pos Indonesia, Purel dihadapkan pad a tiga tantangan yaitu
keterbatasan sumber daya manusia dan waktu penyelesaian tugas; posisi Purel dalam
struktur perusahaan, dan keterbatasan pengetahuan internal perusahaan mengenai
tugas dan fungsi Profesi Public Relations.
No copy data
No other version available