Text
PENGARUH ORIENTASI MEREK DAN PEMASARAN RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP DAYA SAING PERUSAHAAN : STUDI PADA INDUSTRI BATIK SKALA KECIL DAN MENENGAH DI PROVINSI JAWA BARAT
Dalam bisnis Batik, teknologi canggih telah memungkinkan perusahaan
untuk mereplikasi produk pesaing dengan mudah. Seiring bertambahnya jumlah
produk yang unik, perusahaan perlu mempertahankan keunggulan jangka panjang
dan membedakan produk mereka dari pesaing. Disisi lain, kenyataan akan
penggunaan bahan kimia berbasis pewarna sintetis dalam Industri Batik
memberikan dampak yang negatif bagi industri tekstil Indonesia. Merek dan
Pemasaran ramah lingkungan mendukung perusahaan untuk membedakan antara
pesaing dan mempertahankan daya saing mereka. Orientasi merek memungkinkan
perusahaan menempatkan merek sebagai langkah awal dalam penciptaan strategi
perusahaan. Pemasaran Ramah Lingkungan menjadi cara baru dan inovatif untuk
meningkatkan daya saing melalui perbaikan kinerja lingkungan mereka untuk
mengatasi masalah lingkungan dari para pelanggan, dan mengurangi dampak
negatif lingkungan dari kegiatan produksi dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji orientasi merek dan pemasaran ramah lingkungan dalam
rneningkatkan daya saing perusahaan skala kecil dan menengah pada Industri
Batik di Jawa Barat. Teknik purposive sampling dan metode Structural Equation
Modelling (SEM) digunakan dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa Orientasi merek dan Pemasaran Ramah Lingkungan berpengaruh secara
signifikan terhadap peningkatan daya saing perusahaan baik secara parsial
maupun simultan.
No copy data
No other version available