Text
perancangan dan uji coba pelatihan pengingkatan selective attention melalui permainan mensortir kartu
TIO RENOV A PRA TIWI : Studi Mengenai Perancangan dan Uji Coba Pelatiban
Peningkatan Selective Attention Melalui ' Permainan Mensortir Kartu Gambar
Lingkaran Merab pada Anak Usia 8 Tabun yang Mengalami Attention Deficit Disorder
(ADD).
Pembimbing: Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd & Dr. Poeti Joefiani, M.Si
Saat anak memasuki sekolah maka diharapkan mereka sudah dapat memfokuskan
atensi, mengontrol diri, mampu mengatur diri dan mampu mengarahkan diri pada tujuan.
Tuntutan tersebut tentunya sulit untuk dipenuhi oleh anak ADD karena mereka memiliki
kekurangmampuan dalam menyeleksi antara stimulus yang relevan dan tidak relevan
sehingga mereka mudah teralihkan oleh stimulus lain. Pada akhirnya output yang dihasilkan
ialah anak menjadi tidak paham dengan apa yang disampaikan oleh guru atau tidak mampu
menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan pelatihan peningkatan
selective attention melalui permainan mensortir kartu gambar lingkaran merah pada anak
usia 8 tahun yang mengalami Attention Deficit Disorder (ADD).
Pelatihan peningkatan selective attention ini disusun secara sistematis dengan
menggunakan metode psikoedukasi dan memiliki prinsip repetition (pengulangan) dalam
pelaksanaannya. Serangkaian aktivitas memilih dan mengumpulkan kartu bergambar
lingkaran merah dengan posisi gambar di tengah sebagai target dari sekumpulan kartu
bergambar lingkaran merah dengan posisi gambar yang berbeda-beda sebagai non target yang
diberikan pada anak. Aktivitas ini diberikan secara berulang sebanyak 13 kali dalam satu sesi
latihan dengan menggunakan umpan balik untuk meningkatkan skor benar dan menurunkan
skor salah yang menunjukkan peningkatan kemampuan selective attention. Pelatihan ini
dilakukan selama 8 hari berturut -tu rut.
Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain Single
Subject Research: A-B-A Reversal Designs. Dalam rancangan ini pengaruh dari pemberian
perlakuan tersebut dapat dilihat dengan membandingkan pola skor antara saat tanpa
pemberian pelatihan dan saat pemberian pelatihan. Pengukuran kemampuan selective
attention saat tanpa pemberian pelatihan dan saat pemberian pelatihan dilakukan dengan
menggunakan Stroop Color Word Test. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 anak yang
berusia 8 tahun dan mengalami ADD.
Hasil pengujian tersebut adalah pelatihan melalui permainan mensortir kartu gambar
lingkaran merah yang telah dirancang dapat meningkatkan kemampuan selective attention
pada anak usia 8 Tahun yang mengalami Attention Deficit Disorder (ADD).
No copy data
No other version available