Text
rancangan program pelatihan pada ibu mengenai cara memberikan pengetahuan perubahan seksual pada anak usia 11-12 tahun
Perubahan seksual adalah dasar dari rasa ingin tahu anak dan tertuang dalam
pertanyaan-pertanyaan kepada orangtuanya terutama ibu. Berdasarkan hasil asesmen,
peneliti tertarik untuk melakukan perancangan program pelatihan yang bertujuan
untuk memberikan pengetahuan pada Ibu mengenai cara memberikan pengetahuan
perubahan seksual pada anak usia 11-12 tahun. Dasar teori yang digunakan pada
penelitian ini adalah Komunikasi Antar Manusia (Devito, 1997) Perancangan
Program pelatihan menggunakan pendekatan Instructional Design (Morrison, 2001)
dengan metode pembelajaran orang dewasa. Rancangan penelitian dalam uji coba
program pelatihan ini menggunakan desain one group pre test - post test. Subjek
dalam uji coba program pelatihan ini sebanyak 8 orang Ibu, usia berada pada rentang
34-50 tahun, memiliki anak yang duduk dikelas 5-6 SD, dengan latar belakang
pendidikan maksimal SMP. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan objective
test dan observasi selama proses pelatihan. Pengujian hipotesis menggunakan statistik
uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengetahuan yang
didapatkan Ibu mengenai konsep dasar cara memberikan pengetahuan perubahan
seksual pada anak usia 11-12 tahun dengan nilai signifikan (p= 0,012 < a=0,05).
Adapun peningkatan pengetahuan masing-rnasing subjek pada dimensi yang diukur
adalah berkisar 4,3% hingga 30,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
rancangan program pelatihan cara memberikan pengetahuan perubahan seksual pada
anak usia 11-12 tahun dapat memberikan informasi atau pengetahuan baru terhadap
Ibu.
No copy data
No other version available