Text
MODEL KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KAPABILITAS DINAMIS DAN PEMBENTUKAN ALIANSI STRATEGIS
Saat ini kontribusi pendapatan transaksi ritel e-commerce di Indonesia
masih relatif kecil dibanding dengan negara-negara lain seperti China dan
Amerika. Namun, hasil riset dari berbagai lembaga/institusi dunia menyebutkan
bahwa ritel e-commerce di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Banyak
faktor yang memicu pertumbuhan ritel e-commerce di Indonesia, diantaranya life
style masyarakat yang semakin digital dan kehadiran pengusaha baru dibidang
ritel e-commerce yang bertumbuh pesat. Walapun tingkat kehadiran pengusaha
baru dibidang ritel e-commerce ini relatif besar, namun hasil pre-research
menunjukkan bahwa tidak ban yak pengusaha ritel e-commerce yang berhasil
membangun kinerja bisnis yang superior sehingga kurang berdampak kepada
peningkatan pendapatan ritel nasional. Berdasarkan kajian teoritis, kinerja bisnis
yang superior merupakan dampak dari kemampuan membangun keunggulan
bersaing melalui pengembangan core competencies perusahaan yang berbeda
untuk setiap industri. Adapun hasil dari exploratory research menghasilkan
bahwa core competency untuk industri ritel e-Commerce terdiri dari: Orientasi
Kewirausahaan, Kapabilitas Dinamis dan Pembentukan Aliansi Strategik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari Orientasi
Kewirausahaan, Kapabilitas Dinamis dan Pembentukan Aliansi Strategik baik
secara simultan maupun parsial terhadap Keunggulan Bersaing dan dampaknya
terhadap Kinerja Bisnis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan
yang bergerak di bidang bisnis ritel e-commerce yang selanjutnya disebut Toko
Online E-Commerce, sedangkan unit observasi adalah pimpinan dari Toko Online
E-Commerce di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Mix Methods
Research dengan Sequential Transformative Strategy menggunakan instrumen
exploratori, deskriptif, eksplanatori dan grounded research.
Dari hasil penelitian terungkap bahwa tingkat orientasi kewirausahaan,
kapabilitas dinamis, pembentukan aliansi strategik, keunggulan bersaing dan
kinerja bisnis toko online di DKI Jakarta masih kurang superior. Ketiga variabel
core competency Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Dinamis dan
Pembentukan Aliansi Strategik tidak berpengaruh langsung terhadap Kinerja
Bisnis Toko Online E-Commerce tetapi berpengaruh secara tidak langsung
melalui Keunggulan Bersaing. Selanjutnya dari hasil grounded research
mengungkapkan bahwa ada lima faktor ekstemal yang berperan penting dalam
meningkatkan produktivitas Kinerja Bisnis yaitu: Pemerintah, Marketplace e
commerce provider, Internet access provider, courier service provider dan
lembaga non-pemerintah. Dari hasil penelitian di atas, selanjutnya dibangun key
success factor frameworks for e-commerce.
No copy data
No other version available