Text
KEUNGGULAN BERSAING MELALUI BAURAN JASA DENGAN DUKUNGAN ORIENTASI PASAR DAN KOMPETENSI UNIK (Survei Pada Program Studi Perguruan Tinggi di Provinsi Maluku)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui competitive advantage melalui
service mix dengan dukungan market orientation dan distinctive competence pada
program studi perguruan tinggi di provinsi Maluku. .
Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis yang
digunakan adalah Structural Equation Mo de ling (SEM). Total populasi 242
program studi, tetapi responden yang dianalisis hanya 221 program studio
Novelty dari penelitian ini adalah diperolehnya model keunggulan bersaing
prodi perguruan tinggi seperti pada gambar di bab IV. Novelty ini menunjukkan
bahwa keunggulan bersaing prodi sangat dipengaruhi oleh bauran jasa, orientasi
pasar dan kompetensi unik. Tetapi dari variabel-variabel itu prodi juga perlu
memperhatikan indikator-indikator yang masih lemah. Hal lain pada novelty
penelitian ini adalah menambah dan menggabungkan dimensi, khususnya dimensi
pada variabel kompetensi unik (menggabungkan 4 dimensi dari beberapa
penelitian terdahulu manjadi satu kesatuan dimensi-dimensi pada variabel
kompetensi unik), dimensi pada bauran jasa (menambah dimensi produktivitas
dan kualitas), serta dimensi pada variabel keunggulan bersaing (menggabungkan 3
dimensi dari 3 penelitian terdahulu) dan secara keseluruhan menggunakan model
yang belum pemah ditemui pada penelitian terdahulu.
Hubungan market orientation dengan distinctive competence masuk
dalam kategori cukup kuat. Secara parsial dan simultan market orientation dan
distinctive competence berpengaruh positif terhadap service mix. Secara parsial
dan simultan market orientation dan distinctive competence berpengaruh positif
terhadap competitive advantage. Secara parsial dan simultan market orientation,
distinctive competence dan service mix berpengaruh positif terhadap competitive
advantage.
No copy data
No other version available