Text
Konstruksi Disneyfikasi Legenda Ikan Dewa Di Objek Wisata Alam Cibulan Sebagai Promosi Wisata
Penelitian ini adalah mengenai modifikasi cerita Legenda Ikan Dewa
sebagai agen promosi wisata Cibulan menggunakan struktur tata nilai Disney.
Latar belakang penelitian dilandasi oleh kebutuhan kekinian, pariwisata bagi
Cibulan yang terkait dengan kehadiran narasi yang berkesan dan memberi nilai
rasa. Penambahan .nilai yang sifatnya lebih universal dalam Legenda Ikan Dewa
dilakukan untuk menjawab kebutuhan tersebut sekaligus agar dapat menyeIituh
khalayak yang lebih luas.
Menemukan sintesis berupa disneyfikasi yang dapat mengakomodir
kehadiran nilai-nilai budaya kelokalan Legenda Ikan Dewa adalah temuan yang
diajukan penelitian ini. Karena dalam disneyfikasi Legenda Ikan Dewa terjadi
pertemuan nilai-nilai budaya kelokalan dan budaya global yang pada dasarnya
saling tidak berkesesuaian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan
menggunakan tehnik analisis induktif terhadap data yang diperoleh. Data-data
dikumpulkan dari hasil observasi lapangan, wawancara dengan tipe purposive
sampling tidak terstruktur, dan studi pustaka. Digunakan teori morfologi Vladimir
Pro pp untuk memperoleh kupasan struktur narasi awal Legenda Ikan Dewa, atau
yang diistilahkan Propp sebagai struktur purba, sebagai acuan pada proses
pembangunan kembali badan cerita ketika didisneyfikasi.
Penelitian menyimpulkan, bahwa disneyfikasi yang ideal bagi Legenda
Ikan Dewa adalah pertama, struktur nilainya didirikan dari komposisi nilai budaya
kelokalan berupa ke-Islam-an, kekeluargaan, dan loyalitas yang harmonis
bersanding dengan tata nilai Disney. Dan kedua, pembangunan cerita berasal dari
hasil penyusunan diatas sebelas fungsi pelaku dan adanya kehadiran empat pelaku
yang sama dengan hasil identifikasi struktur purba dari Legenda Ikan Dewa versi
tradisional.
No copy data
No other version available