Text
PENGARUH KARAKTERISTIK PENGELOLA UKM DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP ADOPSI INOVASI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DAN IMPLIKASINYA PADA KONSUMEN (Studi Eksplanatif Pengaruh Karakteristik Pengelola Usaha Kecil
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan kesepakatan negara
negara ASEAN untuk membentuk kerjasama perdagangan bebas dengan tujuan
meningkatkan daya saing ekonomi kawasan ASEAN. Sikap kritis yang muneul
yaitu kesiapan Indonesia menghadapi persaingan bebas, mengingat daya saing
SDM dan kualitas produk/jasa masih tendah, ditambah lagi kondisi ikIim usaha
yang tidak mendukung. Pengalaman membuktikan UKM merupakan ujung
tombak pertahanan perekonomian Indonesia. Dalam persaingan global, pelaku
UKM harus semakin kreatif untuk memasarkan produknya. Teknologi
komunikasi menjadikan smart phone embedded dalam kehidupan individu
pemakainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik
pengelola UKM dan karakteristik media sosial sebagai inovasi media komunikasi
pemasaran produk UKM serta implikasinya pada perilaku konsumen online.
Menurut behaviorime, manusia perilaku manusia merupakan hasil dari
proses be1ajar. Dalam teori difusi inovasi, Rogers menyatakan bahwa adopsi
inovasi adalah salah satu eara individu dalam beradaptasi dengan perubahan
lingkungan. Kemajuan teknologi komunikasi dan infonnasi, menimbulkan
revolusi komunikasi yang ditandai dengan penggunaan smartphone,dan
menjadikan dunia dalam genggaman. Media sosial sebagai media komunikasi
pemasaran merupakan short cut bagi UKM untuk menjangkau pasarnya.
Metode penelitian ini adalah survey eksplanatori dengan kuesioner sebagai
istrumen utama pengumpulan data. Populasinya adalah pengelola UKM yang
pernah mengikuti workshop internet marketing baik yang diselenggarakan oleh
Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Provinsi Banten maupun
komunitas-komunitas pengusaha. Sampel sebanyak 207 orang pengelola UKM di
empat kota di provinsi Banten. Teknik sampling simple random dan taknik
analisis data menggunakan SEM dengan alat bantu software LlSTEL versi 8.7 dan
SPSS versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) ada pengaruh yang signifikan
konsidi awal sebelum ado psi (Zi) terhadap karakteristik pengetahuan pengelola
UKM dengan besar pengaruh 98% dan karakteristik media sosial dengan besar
pengaruh 100%. (2) Ada pengaruh yang signifikan saluran komunikais dalam
proses adopsi inovasi, yaitu karakterisitik UKM 97%, karakteristik media sosial
100%, implementasi media sosial 89% dan perilaku konsumen on line 58%. (3)
Ada pengaruh yang signifikan karakteristik pengelola UKM dan karakteristik
media sosial terhadap implementasi media sosial dengan besarnya pengaruh
masing-masing 87% dan 71%. Kemudian peneliti juga membuktikan bahwa
inovasi media sosial yang dilakukan oleh pengelola UKM berpengaruh terhadap
perilaku konsumen online dengan besar pengaruh 59%. Dari uraian tersebut
terlihat bahwa semua variabel yang diteliti menunjukan pengaruh posit if dan
kuat. Adopsi inovasi media sosial dapat digunakan sebagai inovasi media
komunikasi pemasaran produk UKM.
No copy data
No other version available