Text
PENINGKATAN REKRUTMEN, KOMITMEN GURU DAN PEMBERDAYAAN SDM, DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING MELALUI KUALITAS PELAYANAN DI SMA (Studi di Wilayah Jawa Barat)
Pemahaman konsep keunggulan bersaing SMA di Provinsi Jawa Barat
memberikan andil yang sangat besar bagi sekolah untuk mempertahankan
keberadaannya. Beberapa SMA sudah merintis menjadi sekolah yang berkriteria
unggul walaupun sangat sedikit. Menurut data Kemendikbud Jabar yang termasuk
sekolah unggulan berdasarkan HUN 2016 sebanyak 16 sekolah dari 1336
sekolah. Hal ini menunjukan bahwa konsep keunggulan bersaing disinyalir kurang
mampu dipahami, oleh seluruh elemen sekolah. Khususnya keunggulan bersaing
sebagai implikasi dari kualitas pelayanan yang dideterminasi oleh rekrutmen,
komitmen guru, dan pemberdayaan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan
uotuk menganalisis kondisi yang ada pada rekrutmen, komitmen guru,
pemberdayaan SDM, kualitas pelayanan dan keunggulan bersaing maupun
keterkaitan antar variabel tersebut, di SMA Provinsi Jawa Barat.
Unit analisis terdiri dad 300 SMA di Provinsi Jawa Barat, unit observasi terdiri
dari 600 orang guru dan 900 orang siswa yang mengisi kuesioner . Wawancara
yang dilakukan setelah olah data kuesioner dilakukan kepada 4 guru, 4 kepala
sekolah, 4 pengawas dan 12 komite sekolah (perwakilan orang tua). Jenis dan
sumber data penelitian adalah data sekunder dan data primer. Untuk mengetahui
pengaruh langsung maupun tidak langsung serta pengaruh simultan dan parsial
atas variabel yang dianalisis, digunakan strategi Mixed Method Triangulasi
Konkuren. UJi hipotesis deskriptif menggunakan frekuensi tabulasi untuk
mengeksplorasi kondisi saat ini, dan untuk mengkaji sejauhmana gap antara
empirical research dengan theoretical. Uji verifikatif untuk membuktikan
hipotesis 2 sampai 5 menggunakan SEM. Hasil uji verifikatif di konfirmatori dari
penelitian terdahulu melalui elaborasi.
Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa SMA di Provinsi Jawa Barat kurang
memiliki keunggulan yang sesuai dengan harapan orang tua siswa. Keunggulan
bersaing di SMA tidak ditentukan oleh rekrutmen, komitmen guru dan
pemberdayaan SDM secara langsung, akan tetapi dapat tercapai melalui
kualitas pelayanan.
Kebaruan dari penelitian ini adalah ditemukan model Triangel Human Resourch
Of Secondary School. Model ini menjelaskan bagaimana keunggulan bersaing
dapat diperoleh melalui praktek SDM di SMA
No copy data
No other version available