Text
Strategi Pasar dan Bauran Pemasaran Dalam Membangun Ekuitas Merek dan Mewujudkan Keunggulan Bersaing, Implikasinya Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Bisnis AirMiunumDalamKemasan di Wilayah Jabodetabek
Kinerja pemasaran perusahaan AMDK dipengaruhi oleh strategi pasar dan
bauran pemasaran yang efektif sehingga mampu membangun ekuitas merek dan
mewujudkan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi
pasar dan bauran pemasaran dalam membangun ekuitas merek dan mewujudkan
keunggulan bersaing, implikasinya terhadap kinerja pemasaran pada bisnis
AMDK di Jabodetabek.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-verifikatifleksplanatori.
Alat analisis deskriptif menggunakan scoring analysis dari cross sectional
tabulation of frequency distribution dan untuk explanotary menggunakan model
persamaan struktural partial least square (SEM-PLS) serta confirmatory analysis
untuk kesesuaian hasil analisis deskriptif dan verifikatif. Unit analisis penelitian
adalah perusahaan AMDK yang produknya beredar di Jabodetabek dengan
ukuran sampel sebanyak 40 perusahaan AMDK dan 66 distributomya.
State of the art penelitian: "bahwa masalah yang berawal dari kinerja
pemasaran perusahaan AMDK sebagai endogen variable yang dipengaruhi oleh
ekuitas merek dan keunggulan bersaing sebagai intervening variable serta strategi
pasar dan strategi bauran pemasaran sebagai exogen variable, serta penelitian
yang bersifat bisnis to bisnis dari perusahaan AMDK dan distributomya
merupakan topik penelitian yang belum pemah dilakukan oleh peneliti
sebelumnya". Dengan demikian penelitian ini dapat disebut memiliki novelty.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dipengaruhi oleh
strategi pasar dan bauran pemasaran melalui ekuitas merek dan keunggulan
bersaing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pasar
dan bauran pemasaran berpengaruh terhadap ekuitas merek dan keunggulan
bersaing. Keselarasan strategi pasar dan bauran pemasaran menghasilkan
pengaruh yang lebih besar terhadap ekuitas merek dan keunggulan bersaing.
Strategi pasar dan bauran pemasaran berpengaruh terhadap kinerjapemasaran
melalui ekuitas merek. Ekuitas merek efektif dan keunggulan bersaing tidak
efektif dalam perannya sebagai intervening variable antara strategi pasar dan
bauran pemasaran dengan kinerja pemasaran. Confirmatory analysis
menunjukkan bahwa variabel yang menjadi masalah adalah keunggulan bersaing
karena tidak superior dan tidak efektif sebagai intervening variable, hal ini
merupakan novelty dari penelitian ini. Kinerja pemasaran dapat ditingkatkan
dengan meningkatkan keselarasan antara strategi pasar dan bauran pemasaran
yang akan berdampak terhadap peningkatan ekuitas merek dan keunggulan
bersaing dengan prioritas difokuskan pada keunggulan harga yang mampu
bersaing, biaya promosi, kualitas produk dan kualitas layanan.
No copy data
No other version available