Text
Implementasi Nilai-Nilai Luhur Kesundaan dalam Teks Naratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (Studi Kasus Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Unpad)
Disertasi yang beIjtrlul:"Implementasi Nilai-niJai Luhur Kesundaan dalamTeks Naratif
Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Model Pengernbangan Kepnbadian (Studi Kasus Bahan
Ajar Bahasa Indonesia di Universitas Padjadjaran) "riisusun dengan tuiuan rremperoleh temuan
model pengernbangan kepribadian rnahasiswa di Universitas Padjadjaran Penelitian ini
dilakukan dengan asumsi bahwa model pengernbangan kepribadian rrelalui pengajaran Mata
Kuliah Pengernbangan Kepribadian (MPK) Bahasa Indonesia belurn ada sampai saat ini.
Metode yang digtmakan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena penelitian disertasi
. ini rrerupakan perelitian kualitatif dengan berdasarkan kepada: (1) rrerefieksikan ferorrera
budaya yang terjadi, (2) penekanan pada proses dan makna yang tidak dikaji secara ketat atau
belum diukur, (3) sifat penyelidikan yang sarat-nilai, (4) bertautan dengan kajian-kajian kultural
dan berciri interpret it: (5) berorientasi pada fenorrena atau gejaJa yang bersifat alami, (6)
rremedulikan proses, bukan hasil atau produk.
Adapun sumber data yang disajikan sebagai bahan analisis diperoleh dari dua sumber,
yaitu sumber pustaka dan sumber elektronik. Data pustaka diperoleh dari beberapa referensi
yakni buku, jurnal ihniah, dan rredia cetak, sedangkan surnber elektronik diperoleh dari intemet.
Keranglca kajian teori perelitan ini rreliputi beberapa teori yang digunakan dalam
analisis data, yaitu: kebudayaan, nilai-niJai luhur karakter kesundaan, pandangan hidup
kesundaan, struktur kebahasaan, dan teori kepribadian
Adapun rnasaJah yang dibahas dalam penelitian ini adaJah bagairnana nilai-niJai luhur
kesundaan yang terkandung dalam teks naratif bahan ajar Bahasa Indonesia dapat rreniadi model
pengernbangan kepribadian rnahasiswa Universitas Padjadjaran. MasaJah ini perlu diangkat
rrengingat sarnpai saat ini belum ada model pengernbangan kepribadian nelalui bahan ajar yang
diterapkan dalam pengajaran Bahasa Indonesia.
Berdasarkan analisis data rreJalui empat Jangkah yakni kajian terhadap implementasi
nilai-nilai luhur karakter kesundaan dalam teks, implerrentasi nilai-nilai faktual daJam teks dan
indikator kebahasaannya, implerrentasi nilai- nilai luhur pandangan hidup kesundaan dalam teks,
serta implerrentasi model pernbeJajaran rrelalui bahan ajar berbasis nilai luhur kesundaan,
diperoleh hasil sebuah rmdel pengernbangan kepnbadian mahasiswa di Universitas Padjadjaran.
No copy data
No other version available