Text
KINERJA PEMASARAN SEBAGAI DAMPAK DARI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN DETERMINASI DAYA TARIK PASAR DAN SUMBER DAYA PERUSAHAN (Survey Pada pelaku Industri jasa Pariwisata di Timor Leste)
Kajian fenomena dari pene1itian ini adalah masalah kinerja pemasaran sebagai dampak
dari tidak efektifnya strategi bauran pemasaran yang dipengaruhi oleh day a tarik pasar
dan sumber daya pada industry jasa pariwisata Timor Leste.
Tujuan penelitian ini menghasilkan kajian mengenai kinerja pemasaran sebagai dampak
dari strategi bauran pemasaran dengan determinasi daya tarik pasar dan sumber daya
pada industri jasa pariwisata Timor Leste.
Penelitian ini bersifat deskriptif, verifikatif dan eksplanatori sehingga metode pene1itian
yang digunakan adalah Survey pada 230 pimpinan atau manajer industri jasa pariwisata
yang ada di seluruh wilayah Timor Leste (13 Distrik).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) daya tarik pasar tidak berpengaruh terhadap
strategi bauran pemasaran pada industri jasa pariwisata Timor Leste. Sedangkan 2)
sumber daya berpengaruh terhadap strategi bauran pemasaran pada industri jasa
pariwisata Timor Leste. selain itu 3) daya tarik pasar dan sumber daya secara sirnultan
berpengaruh terhadap strategi bauran pemasaran pada industri jasa pariwisata Timor
Leste. disatu sisi 4) strategi bauran pemasaran berpengaruh terhadap kinerja pemasaran
pada industri jasa pariwisata Timor Leste. disisi lain 5) strategi bauran pemasaran tidak
dapat memediasi pengaruh daya tarik pasar terhadap kinerja pemasaran. Namun 6)
strategi bauran pemasaran dapat memediasi sumber daya berpengaruh terhadap kinerja
pemasaran pada industri jasa pariwisata Timor Leste.
j
Kebaruan dari penelitian ini adalah daya tarik pasar (dimensi : faktor pasar dengan
indikator : ukuran pasar, dimensi intensitas persaingan dengan indikator : persaingan
harga, produk pengganti dan kemudahan memasuki pasar, dimensi akses masuk kepasar
dengan indikator : jalur masuk kepasar) dan sumber daya (dimensi modal manusia
dengan indikator : pe1atihan dan pengalaman kerja, dimensi modal fisik dengan dimensi
teknologi fisik, pabrik dan peralatan serta akses mendapatkan produk, dimensi modal
organisasi dengan indikator : sistem informasi) secara simultan berpengaruh terhadap
strategi bauran pemasaran (dimensi : barang dengan indikator penawaran produk, dimensi
: harga dengan indikator : penetapan harga diskon, dimensi : promosi dengan indikator :
periklanan, dimensi : lokasi/distribusi dengan indikator : lokasi dan saluran kerja sama,
dimensi : oranglpersonal : dengan indikator : kualitas karyawan, dimensi : proses dengan
indikator : kualitas kerja, dimensi : bukti fisik dengan indikator desain interior, layanan
staff dan kebisingan) dan strategi bauran pemasaran hanya dapat memediasi sumber
daya berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (dimensi : pertumbuhan penjualan dengan
indikator pertumbuhan penjualan sebelumnya, dimensi : volume penjualan dengan
indikator : unit produk yang ditawarkan dan durasi waktu penjualan, dimensi :
profitabilitas dengan indikator pendapatan dan keuntungan) pada industri jasa pariwisata
Timor Leste.
No copy data
No other version available