Text
Model empirik keterkaitan subjective control subjective value dan anxiety dalam memengaruhi self-regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi
MODEL EMPIRIK KETERKAIT AN SUBJECTIVE CONTROL,
SUBJECTIVE VALUE, DAN ANXIETYDALAM MEMENGARUHI SELF
REGULA TION MAHASISW A PADA PENGERJAAN SKRIPSI
Pelaksanaan pengerjaan skripsi tidak terjadwal, dimana mahasiswa dapat memilih
untuk mengerjakan atau tidak mengerjakan. Berdasarkan fenomena yang ada,
mahasiswa kurang dapat mempertahankan usaha dalam mengerjakan skripsi.
Artinya, pengelolaan diri mahasiswa pada pengerjaan skripsi kurang baik. Oleh
karena itu, self-regulation menjadi penting untuk diteliti. Pada fenomena
ditemukan bahwa terdapat beberapa faktor yang memengaruhi self-regulation
yaitu subjective control, subjective value,dan anxiety. Penelitian ini bertujuan
untuk menjelaskan model empirik yang menggambarkan keterkaitan subjective
control, subjective value dengan anxiety dalam memengaruhi self-regulation
mahasiswa pada pengerjaan skripsi.
Pendekatan penelitian ini adalah non-experimental quantitative research,
dengan melibatkan 126 partisipan penelitian dari angkatan 2010 (semester 13),
2011 (semester 11), 2012 (semester 9) dan, 2013 (semester 7). Pemilihan
partisipan penelitian menggunakan teknik convenience sampling. Data diperoleh
dengan. menggunakan kuesioner self-regulation (composite reliability= 0.861,
AVE= 0.511), kuesioner subjective control (composite reliability= 0.798, AVE=
0.499), kuesioner subjective value (composite reliabi/ity= 0.862, AVE= 0.679),
dan kuesioner anxiety (composite re/iability= 0.918, AVE= 0.584). Data analisis
dilakukan menggunkan teknik path analysis metode partial least square
structural equation mode/ing (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulation mahasiswa pada
pengerjaan skripsi dipengaruhi langsung oleh subjective control dan subjective
value, dan kedua penilaian tersebut dipengaruhi oleh anxiety. Artinya, anxiety
mahasiswa pada pengerjaan skripsi dapat menurunkan self-regulation mahasiswa
pada pengerjaan skripsi melalui penurunan subjective control dan subjective
value. Sebaliknya, apabila mahasiswa tidak merasakan anxiety pada pengerjaan
skripsi, maka subjective control dan subjective value akan meningkat, yang pada
akhirnya dapat meningkatkan self-regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi
Pada penelitian ini, didapatkan pula bahwa anxiety muneul dipieu oleh subjective
control kemudian akan menurunkan kembali subjective control dan subjective
value, yang akhirnya dapat menurunkan self-regulation mahasiswa pada
pengerjaan skripsi.
No copy data
No other version available