Text
STRUKTUR METAFORA DAN METONIMI PADA SKEMA GAMBAR DALAM BROSUR PARIWISATA JEPANG: TINJAUAN LINGUISTIK KOGNITIF
Studi mengenai interaksi konseptual dalam linguistik kognitif meliputi peranan skema
gambar dalam konstruksi wacana metaforis. Penelitian ini mengkaji struktur wacana
mctafora dan metonimi dalam skema gambar pada brosur pariwisata Jepang. Proses
pcmahaman wacana metaforis pada brosur pariwisata dipcngaruhi oleh kesamaan
persepsi dan kognisi para pembaca terhadap pilihan kata yang digunakan pengiklan
produk pariwisata. Oleh karena itu, tidak semua pembaca brosur dapat memahami
sepenuhnya maksud dibalik wacana metaforis tersebut. Salah satu cara untuk memahami
wacana metaforis adalah dengan bantuan skema gambar. lnteraksi konseptual metafora
dan metonimi pada wacana dapat dipetakan sehingga konsep dasar dari wacana metaforis
tersebut dapat dipahami dengan lebih baik. Analisis data dilakukan dengan MIP dan
tipologi Ruiz tentang po la interaksi metafora dan metonimi berdasarkan dua kriteria: (a)
tempat dimana metonimi berkonstruksi (bisa jadi di ranah sumber atau ranah sasaran) dan
(b) cakupan metonimi (bisa jadi keseluruhan dari ranah metafora atau sebagian). Hasil
analisis menunjukkan bahwa skema gambar dapat digunakan untuk membantu
memunculkan ranah sasaran wacana metaforis. Penggunaan skema gambar dalam
memahami interaksi konseptual metafora dan metonimi juga dapat memicu munculnya
interpretasi yang mungkin tidak langsung muncul saat awal memahami sebuah wacana
metaforis.
No copy data
No other version available