Text
Rancangan intervensi dengan menggunakan prinsip-prinsip acceptance and commitment therapy untuk menurunkan derajat parenting stress pada ibu yang memiliki anak mild intellectual disability dengan usia 6-12 tahun
Rahayu Oktama Wardani. 2017: Rancangan Intervensi dengan
Menggunakan Prinsip-Prinsip Acceptance and Commitment Therapy untuk
Menurunkan Derajat Parenting Stress pada Ibu yang Memiliki Anak Mild
Intellectual Disability deogao usia 6-12 tahuo
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh suatu program intervensi
dengan menggunakan prinsip-prinsip Acceptance and Commitment Therapy
(ACT) yang dapat menurunkan derajat parenting stres pada ibu yang memiliki
anak mild intellectual disability berusia 6-12 tahun.
Pada penelitian ini, setelah dilakukan perancangan modul intervensi ACT yang
divalidasi oleh para expert reviewer, diperoleh modul yang dapat digunakan untuk
menurunkanparenting stress ibu yang memiliki anak intellectual disability.
Setelah melakukan perancangan modul, dilakukan uji coba modul dengan
menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest OneĀ
Group Design. Pada penelitian ini dilibatkan dua partisipan yang merupakan ibu
dari anak mild intellectual disability yang diperoleh dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan alat
ukur berupa kuesioner. Alat ukur yang digunakan yaitu Parenting Stress Scale
(untuk mengukur derajat parenting stress) dan Acceptance and Action
Questionnaire (untuk mengukur derajat psychological flexibility). Dari data
kuantitatif hasil uji coba modul, terlihat penurunan skor pada pengukuran
parenting stress dan peningkatan psychological flexibility pada kedua partisipan.
Data kualitatif memperlihatkan bahwa ACT dapat membantu partisipan yang
awalnya kurang fleksibel dalam menghadapi stressor dengan cara penghindaran,
menjadi lebih fleksibel dengan menerima pengalaman yang tidak menyenangkan
dan membuat langkah konstruktif sesuai dengan nilai hidupnya. Penerimaan dan
komitmen yang dibentuk ini dapat meningkatkan sumber daya partisipan untuk
memenuhi tuntutan sebagai ibu dengan anak mild ID, sehingga dapat menurunkan
derajat parenting stressnya. Dengan demikian, modul ini dapat digunakan untuk
menurunkan derajat parenting stress. Sebagai bahan evaluasi, maka perlu dikaji
kembali mengenai kriteria partisipan, elemen perancangan strategi instruksional
dan perancangan pesan sebagai bahan pengembangan penelitian lanjutan dengan
topik yang serupa di masa yang akan datang.
No copy data
No other version available