Text
Efektivitas rational emotive behavior therapy terhadap penurunan durasi bermain pemain game online yang mengalami adiksi
EFEKTIVIT AS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM
MENURUNKAN DURASI BERMAIN PEMAIN GAME ONLINE Y ANG
MENGALAMI ADIKSI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Rational Emotive Behavior
Therapy (REBT) untuk menurunkan durasi bermain pemain game on line berusia
dewasa awal yang mengalami adiksi. Adiksi game online tercakup dalam DSM-5 (APA,
2013) pada Section IIJ-kondisi yang membutuhkan penelitian lebih lanjut, dengan
sebutan Internet Gaming Disorder.
Adiksi game online dilihat sebagai sebagai upaya melarikan diri dari situasiĀ
situasi nyata yang dianggap mengancam diri atau menimbulkan ketidaknyamanan.
Adanya unsur anonimitas, sosial, dan pencapaian yang ditawarkan dalam game online
dipakai pemain untuk menutupi kelemahan dirinya, mendapatkan pengakuan dan
penerimaan sosial yang tidak didapatkan di lingkungan nyata. Hal ini mendorong
pemain untuk semakin terlibat lebih dalam dengan menghabiskan ban yak waktu setiap
harinya untuk bermain game online, meskipun kehidupannya sudah sangat terganggu
dan paham bahwa aktivitasnya ini sepatutnya dikontrol.
Pandangan irasional terhadap situasi nyata serta emosi negatif yang menyertai
inilah yang dituju dengan REBT. REBT merupakan pendekatan terapi yang
menekankan pada keterkaitan antara pikiran, perasaan, dan tingkah laku. Harapan
dengan diberikannya REBT adalah pemain memahami perasaan ketidaknyamanannya,
terbangunnya insight dan self-acceptance, serta melakukan aktivitas-aktivitas yang
sebelumnya dihindari, dengan demikian keterikatan terhadap game on line menjadi
berkurang dengan sendirinya, yang terwujud dalam penurunan durasi bermain.
Rancangan penelitian ini adalah eksperimental semu, dengan melibatkan 3.
partisipan penelitian berusia 23-25 tahun yang telah menunjukkan simptom adiksi game
on line selama lebih dari 1 tahun. Tritmen terdiri atas prasesi, 6 sesi REBT, dan sesi
follow-up. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner
Internet Gaming Disorder-20 Test. Adapun data durasi bermain selama 1 minggu akan
dibandingkan sebelum dan sesudah diberikannya tritmen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa REBT efektif untuk menurunkan durasi
bermain pada partisipan penelitian (Sig. 0.024). Terdapat penurunan durasi bermain dari
tiap partisipan, yakni dari 82 jam, 88 jam, dan 43 jam/minggu menjadi dibawah 35
jam/minggu (standard durasi bermain yang disarankan). Partisipan menunjukkan adanya
keberfungsian hidup dan kondisi psikis yang baik, serta terbentuknya kontrol internal
. untuk pencegahan relapse sehingga dapat dikatakan partisipan penelitian sudah tidak
lagi berada dalam fase adiksi.
No copy data
No other version available