Text
Rancangan program intervensi menggunakan prinsip-prinsip parent-child interaction therapy untuk menurunkan sibling rivalry remaja yang memiliki adik dengan intellectual disability
Septhi Karlina Utami. 2017 : Rancangan Program Intervensi Menggunakan Prinsip
Prinsip Parent-Child Interaction Therapy untuk Menurunkan Sibling Rivalry Remaja
yang Memiliki Adik dengan Intellectual Disability.
Kehadiran adik membuat kakak harus berbagi waktu dan perhatian orang tua.
Terlebih ketika adik memiliki keter tasan yang membuat orang tua lebih ban yak
mencurahkan perhatiannya untuk adik, seperti intellectual disability. HaJ ini
menimbulkan munculnya perasaan tersaingi, cemburu dan marah kepada adik.
Perasaan-perasaan itu muncul karena kakak memiliki persepsi bahwa dirinya
diabaikan orang tua. Persepsi ini juga menyebabkan interaksi antara kakak dan
orang tua menjadi kurang baik. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh suatu
rancangan program intervensi menggunakan prinsip-prinsip Parent-Child
Interaction Therapy (PCl'I') yang dapat menurunkan sibling rivalry r maja yang
memiliki adik dengan intellectual disability. pelT yang dikembangkan oleh Eyber
(1970) memanfaatkan teori kelekatan, gaya pengasuhan dan teori belajar sosia .
Dalam PCIT, orang tua dilatihkan untuk dapat membentuk kelekatan yang posit f
dan memberikan perintah secara efektif.
S elah mela kan perancangan, dilakukan proses validasi oleh ahli dan uji
coba de gan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan A-B-.(1
design. Pada penelitian ini dilibatkan dua pasangan ibu dan anak (remaja) yang
diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melal i
wawancara, observasi dan alat ukur berupa kuesioner. Alat ukur yang digunak
adalah Kuesioner Sibling Rivalry dan Dyadic Parent-Child Interaction Codii g
System 111 (DPICS-III). Kedua alat ukur ini digunakan di setiap pertemuan. Dari
data kuantitatif hasil uji coba program intervensi, terlihat adanya penurunan sibling
rivalry dan peningkatan kemampuan ibu dalam menerapkan keterampilan
keterampilan PCl'T. Dari data kualitatif didapatkan bahwa keterampilan PCl'T yang
dikuasai ibu dan diterapkan dalam pengasuhan sehari-hari membuat anak merasa
dihargai dan mengurangi rasa cemburu, marah dan bersaing dengan adiknya.
No copy data
No other version available