Text
Citra produk dalam iklan maskapai penerbangan air asia "we'll take you there": kajian semiotika
Tesis ini berjudul "Citra Produk Dalam Iklan Maskapai Penerbangan Air Asia
"We '1/ Take You There": Kajian Semiotika. Tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut. Tujuan pertama untuk menemukan fitur yang terdapat dalam iklan,
kemudian menganalisis mekanisme pemunculan citra melalui fitur-fitur tersebut,
dan yang terakhir adalah memaparkan citra apa saja yang terkandung dalam iklan.
Data penelitian ini adalah video iklan maskapai penerbangan Air Asia yang
diambil dari youtube. Peneliti menggunakan teori semiotika dari Charles Sanders
Peirce melalui ground, objek, dan interpretan (1996) dan Marcel Danesi (2010)
untuk menganalisis tanda yang terdapat dalam iklan maskapai penerbangan Air
Asia. Untuk menemukan citra yang terkandung di dalam objek yang diteliti, objek
dikategorikan dalam tiga klasifikasi, yaitu fitur, yang didalamnya ada ground atau
tanda, baik bentuk verbal ataupun nonverbal. Kemudian citra, menjelaskan objek
atau pencitraan yang timbul dari fitur-fitur yang telah dipaparkan, dan rantai
konotatif, untuk menjelaskan interpretan atau interpretasi bagaimana pencitraan
tersebut bisa muncul dari fitur-fitur yang ada. Hasil temuan menunjukkan bahwa
Fitur-fitur yang digunakan di dalam iklan video maskapai penerbangan Air Asia
yang berjudul "We '1/ Take You There" yang mengandung citra adalah berbentuk
benda, kegiatanlteknik pengambilan gambar, warna, tulisan, negara-negara,
manusia, dan binatang-binatang. Mekanisme pemunculan citra dari fitur-fitur
yang ada pada iklan maskapai penerbangan Air Asia diambil tau
diinterpretasikan melalui konteks situasi iklan yang dapat didukung oleh I tar
budaya dan historis. Citra produk yang digambarkan oleh iklan maskapai
penerbanga Air Asia adalah citra bertaraf internasional, citra canggih dan
profesional, citra destinasi Air Asia, dan citra ramah atau kekeluargaan.
No copy data
No other version available