Text
Strategi pemasaran klinik dental side berbasis analisis swot
Klinik Dental Side adalah praktek dokter gigi baru yang terletak di wilayah
Bintaro. Setiap klinik maupun praktek dokter gigi melakukan pemasaran jasanya
dengan cara promosi yang cukup gencar contohnya dengan melakukan promosi
melalui media online seperti yang dilakukan oleh Siva Dental Clinic dan KJinik Gigi
Senyum Ceria yang juga terletak di Bintaro yaitu dengan memberikan diskon yang
cukup menarik bagi pasien.
Dalam menghadapi persaingan bisnis klinik gigi, hal yang perlu dianalisis
dari klinik Dental side adalah bagaimana kondisi internal dan eksternal klinik Dental
Side berdasarkan analisis SWOT serta strategi pemasaran yang dapat diterapkan
oleh klinik Dental Side berbasis analisis SWOT dengan metode penelitian deskriptif
Kondisi internal dan eksternal klinik Dental Side berdasarkan analisis SWOT
yaitu : Berdasarkan penilaian IFAS (Internal Factor Analysis Summary) maka
diperoleh total skor 3,20 yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah mempunyai
kualitas sumber daya internal yang dapat diandalkan dalam usaha dibidang jasa ini.
Berdasarkan hasil analisis total skor untuk EF AS (External Factor Analysis
Summary) sebesar 3,40 menunjukkan bahwa klinik sudah mempunyai strategi yang
baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal yang ada.Strategi pemasaran yang
dapat diterapkan oleh klinik Dental Side berbasis analisis SWOT dalam upaya
mengembangkan usahanya adalah strategi konsentrasi melalui integrasi vertikal.
Altematif strategi yang dapat dilakukan adalah mempertahankan citra/image klinik,
mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan jumlah dan jenis
produk/jasa dengan meningkatkan diversifikasi produk/jasa, memperluas daerah
pemasaran ke pasar yang baru, meningkatkan kegiatan promosi, pengembangan
sumber daya manusia, meningkatkan pengendalian mutu dan menerapkan teknologi
yang lebih canggih.
No copy data
No other version available