Text
Komodifikasi feminisme pada iklan produk perawatan tubuh dan kecantikan muslimah
Pokus penelitian ini adalah tentang peminjaman ideologi feminisme dalam iklan.
Iklan produk-produk yang menggunakan perempuan muslimah berjilbab sebagai
duta mereknya tidak hanya menekankan produknya sebagai produk halal dan
mengomodifikasi jilbab namun juga membawa ideologi feminisme ke dalam
strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
yang memfokuskan pada peran bahasa melalui pembacaan tanda-tanda semiotika
dengan perspektif analisis wacana kritik feminis. Hasil pembacaan iklan
menunjukkan bahwa perempuan muslimah berjilbab digambarkan dalam aktivitas
seperti bekerja, beribadah, menikmati liburan, dan berolahraga. Dalam melakukan
aktivitas-aktivitas ini perempuan dalam iklan ditandai dengan citra diri perempuan
sukses, mapan, aktif, percaya diri, bebas, dan mandiri. Perempuan digambarkan
memiliki otoritas terhadap tubuhnya serta mampu untuk mengeksplorasi ruang
publik dan menikmati waktu luangnya. Citra diri perempuan berjilbab yang
feminis sebenamya digunakan untuk mencapai tujuan utama iklan yaitu proses
mengonsumsi produk yang sifatnya terus-menerus. Maka ideologi feminisme
yang dipinjam dalam iklan bukan merupakan bagian dari tujuan politis feminisme
tetapi merupakan semata strategi kapitalisme.
No copy data
No other version available