Text
Modifikasi ukuran kartu latihan pada pelatihan "bermain sortir kartu untuk meningkatkan kemampuan selective attention pada anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian (GPP)
NUR FADILAH AMALIA: Studi mengenai Penyusunan Rancangan dan
Pelaksanaan Pelatihan "Bermain Sortir Kartu" dengan Modifikasi pada
Ukuran Kartu Latihan untuk Meningkatkan Selective Attention pada Anak
GPP Usia 8 Tahun
Pembimbing: Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd dan Laila Qodariah, M. Psi
Anak yang memiliki Gangguan Pemusatan Perhatian memiliki gejala utama
yaitu anak mudah terdistraksi oleh stimulus yang tidak berkaitan dengan tugas
yang seharusnya dikerjakan, baik di sekolah maupun di rumah. Kondisi anak
dengan GPP yang mudah terdistraksi berkaitan dengan kemampuan selective
attention, dimana anak GPP memiliki kesulitan untuk mempertahankan
perhatiannya pada tugas dan mengabaikan distraksi jika dibandingkan dengan
anak pada umumnya.
Penelitian ini merupakan penelitian replikasi parsial atas penelitian
"Bermain Sortir Kartu" yang telah dilakukan oleh Tio Renova Pratiwi (2015)
untuk merancang modifikasi materi pelatihan yaitu perubahan ukuran kartu
permainan yang sesuai dengan kemampuan atensi anak dalam memproses
stimulus visual dan kemudian melakukan uji coba at as rancangan tersebut.
Terdapat dua studi yang dilakukan dalam penelitian ini: Studi I merupakan studi
mengenai penyusunan rancangan pelatihan Bennain Sortir Kartu dengan
pengubahan pada ukuran kartu latihan dan Studi 11 merupakan studi mengenai
Pelaksanaan Pelatihan "Bennain Sortir Kartu" dengan perubahan pada ukuran
kartu latihan.
Metode survei digunakan pada studi I untuk mengetahui ukuran kartu
latihan yang sesuai dengan kemampuan anak dalam memproses objek visual.
Pada studi 11, digunakan metode Single - Subject Design dengan tipe A-B-A
Design. Pengukuran selective attention dilakukan dengan menggunakan stroop
color word test. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang anak berusia 8 tahun
yang mengalami GPP.
Hasil penyusunan rancangan pelatihan dalam studi I menunjukan bahwa
ukuran kartu yang dapat digunakan dalam pelatihan ini adalah ukuran kartu 6 x 9
cm yang dapat membantu anak dalam melakukan proses atensi terhadap objek
visual selama pengerjaan tugas. Kemudian hasil dari studi 11 menunjukan
peningkatan kemampuan selective attention dilihat berdasarkan peningkatan pola
grafik pada fase B saat terdapat treatment dibandingkan pada fase A saat tidak
terdapat treatment. Rata-rata skor benar pada fase A (baseline) = 66,66%, fase
. B(treatment) = 70,87% dan fase A (post treatment) = 68%. Berdasarkan analisa
kuantitatif tersebut dan analisa kualitatif, dapat disimpulkan bahwa rancangan
pelatihan Bennain Sortir Kartu dengan modifikasi pada ukuran kartu latihan dapat
meningkatkan kemampuan Selective Attention pada subjek penelitian yaitu anak
yang mengalami GPP usia 8 tahun.
No copy data
No other version available