Text
Pengaruh Kepuasan keluarga Peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Memanfaatkan Kembali di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung
ABSTRAK
: Ninuk Nurjayanti
Program Studi
: MagisterManajemen
Judul
: Pengaruh Kepuasan Keluarga Pasien Peserta Jaminan
Kesehatan Nasional dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat
Memanfaatkan Kembali Pelayanan di Instalasi Rawat Inap
Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung
Rumah sakit merupakan penyedia pelayanan kesehatan tingkat lanjutan bagi
peserta jaminan kesehatan nasional (JKN). Pemberian pelayanan yang berkualitas dan
memuaskan sangat diperlukan, mengingat persepsi masyarakat bahwa pelayanan bagi
pasien JKN tidak baik. Rumah sakit Mata Cicendo (RSMC) Bandung merupakan
rumah sakit rujukan nasional yang melayanani konsumen dari seluruh Indonesia.
Pasien yang datang bersama dari berbagai daerah menaruh harapan yang tinggi atas
pelayanan di RSMC Bandung. Mengkaji mengenai kepuasan dan kualitas pelayanan
serta minat memanfaatkan kembali dilihat dari persepsi keluarga pasien diperluk:an.
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran kepuasan, kualitas pelayanan
serta minat memanfaatkan kembali dan untuk menganalisa dan mengkaji pengaruh
kepuasan dan kualitas pelayanan terhadap minat memanfaatkan kembali.
Desain penelitian menggunakan metode deskriptif verivikatif dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di instalasi rawat inap RSMC Bandung
pada bulan Desember 2016. Populasi penelitian diasumsikan sejumlah populasi
pasien dengan perhitungan slovin didapat sampel 91 responden. Kemudian hasil dari
kepuasan tergolong tinggi, kualitas pelyanan tergo long baik dan minat memanfaatkan
kembali tergolong tinggi.
Kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur dengan bantuan software
SPSS v23. Sebesar 76,1 % kontribusi kepuasan dan kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat memanfaatkan kembali secara simultan.
Sedangkan secara parsial kepuasan berkontribursi sebesar 75,3% berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat memanfaatkan kembali dan kualitas pelayanan tidak
berpengaruh terhadap minat memanfaatkan kembali pelayanan di instalasi rawat ianp
RSMC Bandung.
No copy data
No other version available