Text
PENGARUH PELATIHAN UNTUK PELATIH DALAM MEMBENTUK SIKAP POSITIF DOSEN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MEDIK (Studi Analisis Jalur Tentang Pengaruh Pelatihan Untuk Pelatih Dalam Membentuk Sikap Positi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kredibilitas pelatih, metode pelatihan, dan materi pelatihan untuk pelatih dalam
membentuk sikap positif dosen terhadap keterampilan komunikasi medik,
dengan menggunakan metode survei eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh Dosen di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran
dengan teknik simple random sampling sebanyak 36 orang Dosen.
Kuesioner dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data, serta analisis
jalur sebagai teknik analisis data dengan bantuan program IBM Statistics SPSS
ver.22 dan Office excel 2016. Alat ukur yang digunakan adalah Alat ukur
kemampuan komunikasi dokter gigi dan pasien transadaptasi Calgary
Cambridge Guide 24 dimensi.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa seluruh variabel yang dikaji
yang terdiri dari kredibilitas pelatih, metode pelatihan, materi pelatihan,
kemampuan dalam aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik, berada
pad a garis kontinum setuju dan sangat setuju kategori baik atau tinggi. Secara
berurut hasil perhitungan variabel X adalah Kredibilitas pelatih mendapat nilai
tertinggi, materi pelatihan mendapatkan nilai tertinggi kedua, dan metode
pelatihan mendapatkan nilai terkecil. Untuk variabel Y aspek psikomotorik
mendapatkan nilai tertinggi, aspek afektif mendapatkan nilai tertinggi kedua,
dan aspek kognitif mendapatkan nilai terkecil.
Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kredibilitas
pelatih, metode, dan materi pelatihan dalam membentuk sikap positif Dosen
terhadap keterampilan komunikasi medik peserta pelatihan, meskipun materi
pelatihan tidak berpengaruh terhadap kemampuan dalam aspek kognitif peserta.
No copy data
No other version available