Text
KOMUNIKASI PEMASARAN OLAHRAGA RENANG
Dwini Hanika Reftari, 210120150005. Tesis 2017. Program Magister Ilmu
Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Penelitian ini
berjudul "Komunikasi Pemasaran Olahraga Renang, Studi Kasus Pada Strategi
Promosi Organisasi PE PRS! dalam Mempromosikan Olahraga Renang di
Indonesia", pembimbing Dr. Asep Suryana, M.Si selaku ketua tim pembimbing
dan Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom selaku anggota tim pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan strategi promosi yang dilakukan
oleh organisasi PB PRSI dalam mempromosikan olahraga renang di Indonesia;
(2) Untuk mengetahui alasan organisasi PB PRSI yang men gal ami kendala dalam
menjalankan startegi promosi olahraga renang di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melaksanakan strategi promosi
organisasi PB PRSI dalam mempromosikan olahraga renang di Indonesia ialah
dengan berbagai macam cara mulai dari media sosial, media cetak, media televisi,
serta melalui komunikasi pemasaran terpadu: berupa event. Hal ini menunjukkan
bahwa strategi promosi organisasi PB PRSI sudah maksimal dilakukan. Cara
mempromosikannya melalui beberapa konsep dari komunikasi pemasaran serta
pemasaran olahraga seperti iklan, public relations, dan personal selling. Dalam
hal ini semua unsur strategi promosi organisasi PB PRSI dijalankan dengan baik;
(2) Dalam melaksanakan strategi promosi organisasi PB PRSI terdapat beberapa
kendala, diantaranya yakni fasilitas olahraga, prestasi yang sedang menurun,
sponsorship, serta anggaran dana. Hal ini membuat organisasi PB PRSI,
melaksanakan strategi promosi melalui media-media yang memang bekerjasama
dengan organisasi PB PRSI.
No copy data
No other version available