Text
Rancangan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan visual figure-ground discrimination bagi anak usia 4-5 tahun di TK "X" Kab. Bandung
AFINI FREUDWI ASRI: Rancangan Program Pelatihan untuk Meningkatkan
Kemampuan Visual Figure Ground Discrimination Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Di TK "X" Kabupaten Bandung
Pembimbing: Dra. Lenny Kendhawati, M.Si & Afra Hafny Noer, S.Psi, M.Sc
Persepsi visual merupakan keterampilan menganalisa untuk memperhatikan
informasi yang penuh arti, mampu mengidentifikasi secara struktural dan mampu
menggabungkan satu hal dengan hal lainnya. Kemampuan visual figure-ground
discrimination merupakan bagian dari aspek visual-perception, dimana aspek
tersebut selalu digunakan dalam seluruh kegiatan belajar. Kemampuan visual
figure-ground discrimination ini merupakan kemampuan yang penting untuk
dikembangkan pada anak usia pra-sekolah, karena tanpa kemampuan terse but, anak
bisa mengalami hambatan dalam belajar di sekolah nantinya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian rancangan pelatihan visual figure
ground discrimination dapat meningkatkan kemampuan visual figure-ground
discrimination pada anak usia 4-5 tahun.
Rangkaian rancangan kegiatan pelatihan Visual Figure Ground Discrimination,
dikembangkan dari materi dasar latihan yang dikemukakan oleh Marianne Frostig
dan Phyllis Maslow (1973). Kegiatannya sendiri terdiri dari 3 submateri yaitu
discrimination activities, sorting activities, dan hidden object. Persoalan yang
diberikan terdiri dari bentuk-bentuk bangun ruang, dan gambar-gambar. Rancangan
program pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan anak
usia 4-5 tahun dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang membutuhkan
kemampuan visual figure ground discrimination.
Rancangan penelitian program latihan ini adalah quasi experiment dengan
menggunakan desain one group pre test - post test untuk melihat peningkatan
kecepatan dan ketepatan anak usia 4-5 tahun dalam menyelesaikan persoalan yang
membutuhkan kemampuan visual figure ground discrimination. Pengukuran
kemampuan visual figure ground discrimination anak sebelum dan sesudah
pelatihan dilakukan dengan menggunakan alat ukur visual figure ground
discrimination yang dimodifikasi dari Frostig Development Test of Visual
Perception. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 anak yang berusia 4-5 tahun.
Pengujian statistik terhadap peningkatan kecepatan dan ketepatan anak dalam
kemampuan visual figure ground discriination dilakukan dengan menggunakan
wilcoxon signed-rank test (one-tailed) untuk sampel kecil dengan tingkat
kepercayaan 95%. Pengukuran kecepatan dan ketepatan anak dalam kemampuan
visual figure ground discrimiation diperoleh nilai asymp sig = 0,018 dengan tingkat
signifikansi a = 0,05. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai asymp sig = 0,018
< a = 0,05. Dari hasil pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa rancangan
. program pelatihan visual figure ground discrimination dapat meningkatkan
ketepatan dan kecepatan anak usia 4-5 tahun dalam mengerjakan persoalan yang
membutuhkan kemampuan visual figure ground discrimiation.
No copy data
No other version available