Text
Pelatihan divided attention pada anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian
LINDA ERNA W ATI: Pelatihan Divided Attention Pad a Anak yang
Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)
Pembimbing: Prof.Dr. Juke R. Siregar, M.Pd & Esti Wungu, S.Psi, M.Ed
Atensi merupakan komponen awal dalam proses belajar seseorang. Atensi
berperan sebagai gerbang awal masuknya informasi dari lingkungan. Jika atensi
berperan dengan baik, maka informasi yang diterima akan tepat dan output yang
dihasiIkan akan sesuai dengan tuntutan. Kemampuan atensi diawali dengan
kemampuan untuk focused, selectived, sustained, dan yang lebih Ianjut alternated
dan divided attention. Anak yang mengaIami Gangguan Pemusatan Perhatian
(GPP) memiliki permasalahan dalam focus dan sustain attention, sehinga anak
pun bennasalah dalam tingkatan atensi yang paling tinggi yaitu kemampuan
divided attention. Kemampuan divided attention mulai berkembang saat anak
berusia 9 tahun, dimana kemampuan atensi anak sudah terintegrasi dengan baik
dan tajam. Penelitian ini betujuan untuk membuat program komputer dengan
stimulus visual untuk meningkatkan kemampuan awal divided attention anak usia
9 tahun yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian CGPP) dengan
menggunakan program huruf dan warna.
Materi program latihan disusun berdasarkan prinsip Attention Training
Games dari Flick dan prinsip psikoedukasi dari VaUet untuk menumbuhkan selfÂ
awareness anak terhadap perilaku yang ditampilkannya. Dalam program
pelatihan, anak dilatih untuk merespon dengan cepat terhadap dua stimulus visual
berupa huruf dan warna yang ditampilkan secara bersama-sarna.
Rancangan penelitian program latihan ini adalah quasi experiment dengan
menggunakan A-B-A desain untuk melihat peningkatan kemampuan divided
attention anak usia 9 tahun yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian
(GPP). Pengukuran kemampuan divided attention sebelum CA 1), saat pelatihan
(B), dan sesudah pelatihan CA2) dilakukan dengan menggunakan Children Color
Trails Test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah satu orang yang berusia 9
tahun.
Hasil pengukuran peningkatan divided attention diperoleh dari rata-rata
kecepatan waktu mengerjakan dan jumlah skor benar pada pengerjaan Children
Color Trails Test. Rata-rata kecepatan waktu mengerjakan Al seIama 91 detik
dan A2 seIama 62,2 detik. Skor benar Al sebanyak 10 poin dan A2 sebanyak 15
poin. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa program komputer dengan
stimulus visual dapat meningkatkan kemampuan awal divided attention anak usia
9 tahun yang mengalarni Gangguan Pemusatan Perhatian CGPP).
No copy data
No other version available