Text
Assessment center dan program pendidikan pengaruhnya terhadap pengembangan karir sdm aparatur pada kementerian lingkungkan hidup dan kehutanan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana assessment
center clan program pendidikan secara simultan maupun parsial mempengaruhi
pengembangan karir SDM aparatur pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Ukuran sampel ditentukan
berdasarkan Formula Slovin, yang terdiri dari 177 orang. Populasi memiliki karakteristik
tertentu, sehingga sampel ditentukan dengan menggunakan metode proporsional random
sampling.
Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi lapangan dengan menggunakan
wawancara, kuesioner, observasi, dan literatur. Variabel independen dalam penelitian ini
adalah assessment center yang terdiri dari beberapa dimensi yaitu : berbagai kompetensi,
berbagai simulasi, keterlibatan penilai, keikutsertaan Assesse, dan laporan basil penilaian.
Adapun program pendidikan terdiri dari analisis kebutuhan, desain program, pelaksanaan
program, clan evaluasi program. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah
pengembangan karir, yang terdiri dari perencanaan dan manajemen karir. Semua data
dianalisis dengan metode analisis jalur, dengan uji hipotesis menggunakan uji F untuk
simultan, seclangkan uji parsial hipotesis menggunakan uji T.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa assesment center dan program
pendidikan memberikan kontribusi atau pengaruh baik secara simultan maupun parsial
terhadap pengembangan karir SDM aparatur pada Kementerian Lingkungan Hidup dan
Kehutanan.
No copy data
No other version available