Text
Nilai dasar islami dalam budaya organisasi bisnis broker properti (studi kasus tentang nilai commitment, credible, transparency dan professional sebagai nilai dasar islami
Penelitian berjudul "Nilai Dasar Islami dalam Budaya Organisasi Bisnis Broker
Properti" (Studi Kasus tentang Nilai Commitment, Credible, Transparency, dan
Professional (CCTP) sebagai Nilai Dasar Islami di Sinergis Property Consultant
Bandung) ini, bertujuan untuk mengetahui: Alasan penerapan nilai eeTP di
Sinergis Property; Pemahaman makna nilai CCTP di Sinergis Property; dan
implementasi nilai CCTP di Sinergis Property. Penelitian menggunakan
paradigma konstruktivisme, dengan metode kualitatif, dan tradisi studi kasus.
Narasumber penelitian terdiri dari elemen Sinergis Property, trader dan notaris,
yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data melalui wawancara
mendalam, observasi, serta studi dokumen. Landasan teoretis menggunakan teori
budaya organisasi, teori interaksionisme simbolik, dan teori konstruksi sosial atas
realitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga alasan penerapan nilai
CeTP: Alasan Historis, yaitu untuk menanggulangi dan mencegah terulangnya
krisis; Alasan Norrnatif Islam yaitu ajaran Islam, khususnya sifat Nabi SAW,
coeok sebagai Budaya Organisasi Islami; Alasan Pragmatis yaitu sebagai
pemersatu wawasan, moral dan perilaku berbisnis, meningkatkan loyalitas.
motivasi kerja dan produktivitas, rnembangun perilaku komitmen. disiplin,
kredibel, keterbukaan, dan profesional, sehingga dapat meningkatkan
kesejahteraan anggota. Nilai CCTP dipahami maknanya sebagai: Jujur; disiplin
terhadap nilai, peraturan dan perjanjian serta loyal; Keterbukaan inforrnasi
(kekeluargaan dan menguntungkan bagi semua); Memiliki keahlian dan bekerja
sesuai kompetensi. Nilai CCTP diimplementasikan secara konsisten, bertahap dan
dinamis, melaui perilaku bisnis: Jujur, disiplin, menjaga nama baik perusahaan;
Dipercaya; Keterbukaan dan profesional. Upaya implementasi nilai CeTP yaitu
melalui program: 1) Pembinaan kompetensi MA: Pelatihan MA (PMA); Meeting
Sharing Mingguan (MSM); Forum Kelompok Kecil (FKK); Forum Upgrading
(FUg); 2) Menjaga kepercayaan konsumen: Kontak, Kirim, Kunjung dan
Konsultasi (K4); dan 3) Program yang dikompetisikan: sistem imbalan Fee
Marketing Progressive (FMP) serta Penghargaan dan Bonus Bertingkat (PBB).
No copy data
No other version available