Text
Sejarah Pendidikan Islam
Sejak awal perkembangannya. Islam memperlihatkan kepeduliaannya yang besar terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pendidikan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari ajaran yang terkandung dalam Alquran dan Sunnah yang memerintahkan untuk selalu menuntut ilmu dalam arti yang seluas-luasnya. Selain itu, secara eksternak, praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan pada masa nabi (masa klasik) dan khulafa Rasyidin (abad pertengahan) dipengaruhi oleh peradaban Yunani dan peradaban lainnya. Hal ini membuktikan bahwa Islam sangat akomodatif. Umat Islam pada masa itu telah memiliki konsep pendidikan yang holistik, mencakup visi, misi, tujuan, kurikulum, kelembagaan, guru, pola hubungan guru-murid, biaya, sarana prasarana, dan lain-lain. Pada masa itu, dengan pendidikannya yang sangat maju, peradaban Islam mencapai zaman keemasannya. Kondisi ini mendorong Dunia Eropa dan Barat untuk meniru dan mengembangkannya lebih maju lagi.
No copy data
No other version available