transformasi PT ASKES (PERSERO) Menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan : ...
TRANSFORMASI PT ASKES (PERSERO) MENJADI
BADAN PENYELENGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN
(Studi kasus tentang Transformasi PT Askes (Persero) Menjadi
Badan Penye1enggara Jaminan Sosia1 Kesehatan di Kota Bandung)
Veny Apri1ia, 210120140020, 2016. Transfonnasi PT Askes (Persero)
Menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Studi kasus tentang
Transfonnasi PT Askes (Persero) Menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosia1
Kesehatan di Kota Bandung, Dr. Hj. Lukiati K.E., M.Si sebagai Ketua Tim
Pembimbing dan Dr. Suwandi Sumartias., M.Si sebagai Anggota Tirn
Pembimbing, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan dari penelitian ini ada1ah untuk mengetahui dan menganalisis
aiasan yang me!atarbe1akangi transformasi PT Askes (Persero) menjadi BP JS
Kesehatan, mengetahui dan mengana1isis pemahaman staf divisi pemasaran
mengenai transformasi dari PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan, dan
mengetahui dan menganalisis tanggapan dan persepsi peserta mengenai BP JS
Kesehatan pasca transformasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis data yang terdiri dari
reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi dan diakhiri dengan menyusun
hipotesis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menda1am,
observasi, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi alasan mengapa PT
Askes (Persero) me1akukan transformasi yaitu karena adanya keinginan dari
pemerintah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan
jaminan kesehatan yang terjangkau, dan memberikan manfaat lebih serta tidak
memberatkan masyarakat terutama dari segi finansial. Untuk pemahaman staf
divisi pemasaran mengenai transformasi dari PT Askes (Persero) menjadi BPJS
Kesehatan pada umumnya staf divisi pemasaran memahami transfonnasi ini
sebagai bentuk upaya pemerintah Indonesia dalam memajukan tingkat kesehatan
dan taraf hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan yang merupakan visi
dan misi BP JS kesehatan serta tujuan organisasi. Sedangkan mengenai tanggapan
dan persepsi peserta mengenai BP JS Kesehatan, masyarakat atau dalam ha1 ini
peserta BPJS Kesehatan sejauh ini masih menganggap BPJS Kesehatan masih
kalah bersaing atau kurang efektif jika dibandingkan dengan perusahaanÂ
perusahaan asuransi swasta. ,
No copy data
No other version available