Strategi Komunikasi Humas Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Dalam Menangani Pemberitaan...
Latar belakang penelitian ini adalah polemik pemberitaan antara Ahok
dengan DPRD DKI Jakarta mengenai adanya penyimpangan dana yang diduga
dilakukan oleh DPRD DKl Jakarta dalam pengadaan UPS.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Mengetahui strategi
komunikasi yang dilakukan oleh Humas Pemerintahan Provinsi DKl Jakarta
Dalam Menangani Pemberitaan Polemik Ahok dengan DPRD DKl Jakarta serta
Mengetahui hambatan apa saja yang dirasakan Humas Pemerintahan Provinsi DKI
Jakarta Menangani Pemberitaan Polemik Ahok dengan DPRD DKI Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang
digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti
adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengurnpulan data dilakukan secara
menekankan makna dari pada generalisasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis isi Salah satu karakteristik
utama dalam melakukan analisis data kualitatif adalah kemampuan menganalisa
dengan mencermati data-data yang ada, untuk kemudian diinterpretasi
berdasarkan kerangka pemikiran atau kerangka teori yang digunakan. Hasil
penelitian ini adalah kronologi perseteruan Ahok dengan DPRD DKl Jakarta
mengenai dugaan penyalahgunaan APBD dan akibat perseternan ini berdampak
pada beberapa program kerja pemerintah yang tertunda. Strategi komunikasi yang
digunakan oleh humas pemerintahan provinsi DKl Jakarta yaitu dengan
memaksimalkan penggunaan teknologi inforrnasi seperti facebook, dan youtube,
dan rnenayangkan pemberitaan Ahok sebagai sosok positif yang mengangkat citra
instansi menjadi lebih baik.
Simpulan penelitian ini adalah pihak humas pemerintahan provinsi DKl
Jakarta hams betul-betul rnengoptimalkan kinerja dan memanfaatkan teknologi
inforrnasi yang semakin berkembang. Saran untuk pihak humas pemerintahan
provinsi DKl Jakarta adalah dengan terns melakukan pemuktahiran data di
berbagai situs media sosial yng dimiliki untuk rnernbuat berita yang ditampilkan
menjadi lebih berirnbang dan berisi. 0
No copy data
No other version available