Analisis Rencana Strategi Berbasis Balance Scorecard di RS Paru DR. H.A Rotinsulu
Saat ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan rumah sakit sudah bergeser
yang semula hanya tuntutan ketersediaan rumah sakit secara bertahap bergeser kearah
mutu layanan rumah sakit. Masyarakat yang dulunya hanya sensitif terhadap harga
pelayanan (dump customer), secara perlahan berubah menjadi pelanggan yang lebih
memperhatikan kualitas pelayanan dibanding harga (snop customer). bahkan saat ini
sudah banyak dari masyarakat yang dalam pemilihan rumah sakit berorientasi kepada
nilai-nilai/value, dengan memperhatikan paduan antara mutu dan harga pelayanan
yang diberikan (smart customer). Fenomena ini terjadi seiring dengan kemajuan
ekonomi, dan terjadi di semua sektor dan jenis pelayanan kesehatan baik dari klinik,
puskesmas, maupun rumah sakit. Hill ini muncul antara lain dalam bentuk makin
meningkatnya keluhan pelanggan akan pelayanan rumah sakit, baik dari mutu
maupun tarif, yang merupakan dampak dari perubahan kondisi lingkungan ekstemal.
Sudah sewajamya apabila perumusan strategi rumah sakit yang bertujuan agar
mempunyai daya saing saat ini harus meningkatkan perhatikan pada hal-hal yang
dapat meningkatkan nilai rumah sakit kepada kosumennya (pasien). Dan perumusan
strategi berbasis balance scorecard selain memperhatikan perspektif keuangan, juga
sangat memperhatikan perspektif konsumen, yang didukung oleh perspektif proses
bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi di Rumah Sakit
Paru dr H. A. Rotinsulu. Fokus penelitian pada analisa untuk perumusan rencana
strategi berbasis empat perspektif Balance Scorecard. Partisipan dalam penelitian ini
adalah segenap Direksi, para Kepala Bagian, para Kepala Bidang dan para Kepala
Instalasi.
Hasil penelitian ini adalah berupa penjabaran langkah-langkah dalam proses
perumusan strategi yang pada akhimya rumusan strategi yang dihasilkan disusun
menggunakan analisa dengan pola empat perspektif Balance Scorecard dan
menghasilkan pula strategi vang menggunakan matrik empat perspektif Balance
Scorecard, yang diharapkan dapat menjawab tuntutan harapan para stakeholder dan
dapat memberikan rumusan strategi yang terbaik bagi Rumah Sakit paru dr. H.A.
Rotinsulu.
No copy data
No other version available